MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHFIDZUL QUR’AN
QORYATUL QUR’AN
Muqoddimah
Yayasan Qoryatul Qur’an merupakan salah satu yayasan yang bergerak
dibidang sosial, pendidikan dan kemasyarakatan yang berpusat di Kauman,
Jatingarang, Weru, Sukoharjo. Yayasan ini menaungi berdirinya Pondok Tahfizhul
Qur’an Qur’an Qoryatul Qur’an, yakni lembaga pendidikan yang berbasis tahfidzul
qur’an dan sebagai upaya nyata untuk mencetak generasi Qur’ani sejak usia dini
hingga perguruan tinggi. Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Tahfizhul
Qur'an Qoryatul Qur'an pada tahun 2010 mendapatkan respon yang luar biasa dari
masyarakat kecamatan Weru. Sehingga dalam perjalanannya selama sepuluh tahun
terakhir, Yayasan Qoryatu Qur’an sudah mendirikan beberapa jenjang lembaga
pendidikan seperti Sekolah Menengah Pertama Tahfizhul Qur’an (SMPTQ), Madrasah
Aliyah Tahfizhul Qur’an (MATIQ), I’dad Mu’allimat Tahfizhul Qur’an (IMTAQ),
Ma’had Aly Li Ta’hilil Murobbiyat. Yang mana setiap jenjangnya terdiri dari
unit putra dan putri.
Pondok Pesantren Qoryatul Qur’an sebagai lembaga pendidikan
islam, bercita-cita untuk membentuk masyarakat islam moderen sebagaimana
komunitas di atas. Selain itu, pembangunan nasional di bidang pendidikan
merupakan bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan
kwalitas manusia Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita yang sudah disampaikan
di atas, Yayasan Qoryatul Qur’an juga mendirikan jenjang pendidikan usia dini atau
anak-anak yang bernama Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Qoryatul
Qur’an.
Susunan Pengurus Yayasan
Berikut merupakan susan kepengurusan Yayasan Qoryatul
Qur’an:
Pembina :
Pengawas :
Pengurus :
Profil Madrasah
Madrasah Ibidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an (MITQ
Qoryatul Qur’an) diambil dari nama yayasan yang menaunginya yaitu “Yayasan
Qoryatul Qur’an Kauman”. Nama tersebut diambil karena berada dilingkungan
pondok pesantren Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an.
Keunggulan Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul
Qur’an Qoryatul Qur’an, sebagai berikut:
Dengan menerapkan full day school activity, peserta didik
dapat berinteraksi dan mengafal qur’an setiap harinya dengan waktu yang lebih
berkualitas. Adapun para prngajar selain berpotensi dibidangnya masing – masing
juga siap mendedikasikan ilmu dan
dirinya untuk mencerdaskan peserta didik sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai sebagaimana yang tercantum di dalam visi dan misi. Dalam kegiatan
tahfizhul qur’an diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi qur’ani yang
berakhlak mulia serta dapat mengimplementasikan intisari Al – Qur’an dikehidupan
sehari – hari.
Status Tanah Bangunan
Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an beralamat
di Dukuh Babadan RT 01/RW 10, Karangmojo, Weru, Sukoharjo. Madrasah Ibtidaiyah
Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an ini berdiri di atas lahan tanah wakaf seluas
864 M², bersama dengan bangunan, gedung belajar, mushala, dan kantor yang
didesain sesuai standar prosedural.
Visi Madrasah
Visi Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an
dalam rangka mewujudkan generasi qur’ani:
Terwujudnya generasi bangsa yang mempunyai pondasi keimanan,
keilmuan dan kecerdasan sehingga terbentuk pribadi yang religius, beradab, kuat
dan tangguh.
Misi Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an
dalam rangka mewujudkan generasi qur’ani:
أشهد أن لا ٳله الله وأشهد أن محمدا رسول الله
Aku bersaksi tiada Ilah selain Allah dan aku bersaksi Nabi
Muhammad itu utusan Allah
رضيت ب الله ربا
Aku ridho Allah sebagai Rabbku
وبا لإ سلام دينا
Aku ridho Islam sebagai agamaku
وبمحمد نبيا ورسولا
Aku ridho Muhammad adalah Rasulku
وبا لقرآن إماماوحكما
Dan aku ridho Al – Qur’an sebagai pemimpin dan pedoman
hidupku
Tujuan Madrasah
Berikut merupakan tujuan didirikannya Madrasah Ibtidaiyah
Tahfidzul Qur’an Qoryatul Qur’an:
Standar Kelulusan
Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Qoryatul Qur’an
memberikan standar keberhasilan siswa selama proses belajar dan menyelesaikan
target tahfizhul qur’an yang dituangkan kedalam standar kelulusan, dengan
rincian sebagai berikut:
Dewan Komite :
Pengasuh :
Pengurus :
Guru Pengajar
2. Usth. Esti Nur Yuliani
3. Usth. Hanun
Salsabila
Kurikulum
Madrasah Ibidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an mengacu
pada Kurrikulum 2013 sesuai kurrikulum yang diterapkan kementrian Agama
republik Indonesia. Dengan menerapkan Kurikulum 2013, Kementrian Agama RI menetapkan untuk tetap menggunakan mata
pelajaran yang menjadi kekhasan madrasah yaitu, pendidikan Agama Islam (PAI)
yang terdiri mata pelajaran Al- Qur’an, Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih dan
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab.
Adapun perluasan kurrikulum Agama Islam di MITQ Qoryatul
Qur’an mencakup beberapa bidang yang dikembangkan melalui kegiatan teori dan
praktek, dengan standar penilaian yang jelas. Pendidikan kurrikulum Agama Islam
tersebut meliputi Tahfizhul Qur’an, Hadits Arba’in Nawawi, Al ‘Arobiyah baina
yadaik jilid I, dan do’a sehari – hari.
Tahfizhul Qur’an merupakan bagian dari kurrikulum yang
dikembangkan oleh madrasah dan menjadi salah satu unggulan (ciri khusus) yang
harus dicapai oleh setiap siswa MITQ Qoryatul Qur’an.
Berikut merupakan kurrikulum pembelajaran siswa yang
dijabarkan melalui mata pelajaran umum, mata pelajaran Agama Islam dan
ekstrakurikuler MITQ Qoryatul Qur’an selama menempuh pendidikan dasar dari
kelas 1 sampai kelas 6:
No. |
Mata pelajaran |
Kelas |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
||
|
Pendidikan Agama islam |
|
|
|
|
|
|
|
Tahfizhul Qur’an |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Al-Qur’an – Hadits |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Aqidah – Akhlak |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Fiqih |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
- |
- |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Pendidikan Kewarganegaraan |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Bahasa Indonesia |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Bahasa Arab |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Matematika |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
- |
- |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Seni Budaya dan Keterampilan |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Mata Pelajaran Muatan Lokal |
|
|
|
|
|
|
|
Baca Tulis Al-Qur’an |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Bahasa Inggris |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Bahasa Jawa |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
TIK |
- |
- |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Ekstrakurikuler |
|
|
|
|
|
|
|
Berkuda |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Memanah |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Berenang |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Bela Diri |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Kaligrafi |
- |
- |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Seni Tilawah Al-Qur’an |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Kerajinan Tangan |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Pildacil |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
ü |
|
Tata Boga |
- |
- |
- |
ü |
ü |
ü |
|
Wirausaha |
- |
- |
- |
ü |
ü |
ü |
Sarana Prasarana yang Tersedia
Berikut merupakan list data dari sarana dan prasarana yang dimiliki
Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Qoryatul Qur’an:
No. |
Uraian |
Jumlah Inventaris |
|
Ruang Kelas |
3 |
|
Ruang Kepala Madrasah |
1 |
|
Ruang Guru |
1 |
|
Ruang Tata Usaha |
1 |
|
Perpustakaan |
1 |
|
Mushola |
1 |
|
WC Guru |
1 |
|
WC Murid |
3 |
|
Meja Siswa |
40 |
|
Kursi Siswa |
40 |
|
Papan Tulis |
3 |
|
Meja Pengajar |
3 |
|
Kursi Pengajar |
3 |
|
Tempat Sampah |
3 |
|
Buku Perpustakaan |
335 |
|
Proyektor LCD |
1 |
|
Komputer TU |
1 |
|
Pengeras Suara |
1 |
|
Kursi dan Meja TU |
1 Set |
|
Printer |
1 |
Dukungan Masyarakat Terhadap MITQ Qoryatul Qur’an
Dalam pendiriannya, Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an
Qoryatul Qur’an tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar. Adapun bentuk
apreasi dan dukungan masyarakat sebagai berikut:
Unsur-unsur masyarakat yang menjalin kerjasama dengan
Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an diantaranya adalah orang
tua siswa, warga, dan lembaga masyarakat sekitar madrasah, tokoh masyarakat,
lembaga agama, organisasi kemasyarakatan, pemerintah setempat, petugas keamanan
dan ketertiban, sesama lembaga madrasah dan sekolah, pengusaha, pedagang dan
industri. Maka Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an di dalam
masyarakat siap merespon masukan dan umpan balik dari masyarakat demi
berlangsungnya kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul
Qur’an.
Penutup
Sebagai upaya nyata untuk mencetak generasi Qur’ani melalui jenjang pendidikan Sekolah dasar, Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an menerapkam pendidikan berbasis tahfidzul qur’an dan Kuttab. Dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari acuan Kurrikulum Kementrian Agama Republik Indonesia, serta didukung dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang skill dan olahraga. Gambaran tersebut merupakan langkah upaya untuk mewujudkan cita-cita tujan, visi dan misi Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an.