Santri MATQ Qoryatul Qur’an Alasombo Sharing dengan Advokat Firma Hukum Rumbia Tambea Depok: Semua Hendaklah Bermanfaat untuk Islam

Selasa, 1 Oktober 2024, PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 05 Alasombo kedatangan tamu spesial, yakni Bapak Adv. Onyo, S.H, M.Pd dan Bapak Adv. Ansori Rahayaan, S.H. Beliau berdua adalah Advokat di Firma Hukum Rumbia Tabea, Depok, selaku owner dan managing partner.

Kedua ahli hukum ini berkenan sharing bersama para santri kelas 12 (Niha'i) MATQ Qoryatul Qur’an dengan berbincang tentang tema “Membuka Wawasan Santri untuk Menjadikan Setiap Tujuan Bermanfaat bagi Islam dan Kaum Muslimin”.

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.00 WIB. Sebagai prolog, Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I, M.P.I, menyampaikan pentingnya menghadirkan beliau berdua sekaligus mengenalkannya pada segenap santri yang hadir.

Dalam sesi sharing ini, kedua narasumber menekankan bahwa dalam hidup seorang muslim, hendaklah mengutamakan kebermanfaatan dirinya bagi Islam dan kaum muslimin. Apa pun profesi yang digelutinya.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap individu untuk mempertanyakan peran dan kontribusi masing-masing sebagai muslim terhadap Islam, karena agama ini pasti akan berjaya, baik dengan atau pun tanpa kehadiran kita.

Keimanan dan Kontribusi terhadap Islam

Kedua advokat ini menyampaikan bahwa setiap profesi yang tidak diarahkan untuk kepentingan Islam dan kaum muslimin adalah hal yang sia-sia. Maka para santri harus mulai menyadari akan hal ini. Mau jadi apa pun nanti tujuannya harus bisa bermanfaat bagi muslim dan umat.

Dalam Surat At-Taubah ayat 33, menegaskan janji Allah bahwa agama Islam akan ditinggikan di atas agama-agama lainnya, meskipun orang-orang musyrik membencinya. Kemenangan ini, akan diberikan kepada mereka yang mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya, yakni melalui Al-Qur'an dan hadis.

Segala keberhasilan dalam hidup hanya akan diraih jika seseorang tetap berpegang teguh pada keimanan. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Ali ‘Imran ayat 139 yang menyatakan, “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

Kajian Alasombo
Semua yang kita lakukan hendaklah untuk kebermanfatan bagi Islam

Pesan ini menekankan bahwa keberhasilan dalam profesi atau jabatan apa pun harus senantiasa didasarkan pada keimanan kepada Allah. Kesuksesan sejati tidak akan pernah tercapai melalui kemaksiatan, karena hanya dengan keimanan dan ketakwaan saja, segala urusan hidup akan dimudahkan oleh Allah Ta'ala.

Membuka Wawasan Santri untuk Masa Depan yang Berkontribusi

Melalui sharing dan kajian motivasi ini, santri diharapkan dapat menyadari bahwa apa pun cita-cita dan profesi yang mereka tempuh di masa depan, harus diarahkan untuk kepentingan Islam dan umat muslim.

Bapak Adv. Onyo, S.H, M.Pd dan Bapak Adv. Ansori Rahayaan, S.H mengingatkan bahwa menjadi seorang muslim yang beriman bukan hanya soal beribadah secara pribadi, melainkan juga berjuang di jalan Allah dengan memanfaatkan diri dan profesi untuk kemaslahatan bersama.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama agar setiap santri yang hadir diberi kemudahan oleh Allah dalam mewujudkan cita-cita mereka dan terus berjalan di jalan yang lurus sesuai dengan tuntunan Islam.

Kontributor: Ustaz Muhammad Rifa’i, Muhammad Ar Rafi Hardja (santri)

1 komentar untuk "Santri MATQ Qoryatul Qur’an Alasombo Sharing dengan Advokat Firma Hukum Rumbia Tambea Depok: Semua Hendaklah Bermanfaat untuk Islam"

  1. Bener sekali ya, memang setiap tujuan hendaknya bermanfaat bagi islam.. jangan sampai ada tujuan buruk

    BalasHapus