Risky Abdullah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII (Niha’i) Komplek Alasombo Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk

Usai menyelesaikan setoran ziyadah 30 juz, santri PPTQ Qoryatul Qur’an umumnya mengikuti serangkaian ujian hafalan untuk memutqinkan (memantapkan) hafalannya. Salah satu bentuk ujian yang dilakukan adalah tasmi’ sekian juz dalam sekali majelis.

Hal ini bertujuan untuk menguji ketahanan hafalan serta ketepatan bacaan secara berkelanjutan. Pada hari Rabu, 2 Oktober 2024, Risky Abdullah, santri kelas 12 Matiq dari MATQ Qoryatul Qur'an, melaksanakan ujian hafalan 5 juz dalam satu majelis.

Risky, yang berasal dari Karangwuni, Weru, Sukoharjo, dan merupakan putra dari Bapak Juwardi dan Ibu Supatmi, berhasil menyetorkan hafalan juz 1, 2, 3, 29, dan 30 di bawah penyimakan Fatih Ghozi di PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 05 Alasombo.

Risky Abdullah
Risky Abdullah laksanakan tasmi’ hafalan 5 Juz sekali duduk

Ujian ini berlangsung selama 2 jam 19 menit, dimulai pukul 09.15 WIB dan selesai pada pukul 11.32 WIB. Berikut rincian waktu dan jumlah kesalahan yang tercatat selama tasmi' 5 juz tersebut:

Juz 1 dimulai pukul 09.15 WIB dan selesai pukul 09.30 WIB, dengan jumlah kesalahan sebanyak 29. Juz 2 disetorkan pada pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.15 WIB, dengan 22 kesalahan. Juz 3 dimulai pada pukul 10.15 WIB dan berakhir pukul 10.30 WIB, dengan 30 kesalahan.

Dilanjutkan kemudian dengan Juz 29, mulai dari pukul 10.40 WIB hingga 11.06 WIB, dengan 28 kesalahan. Yang terakhir adalah Juz 30, diselesaikan dari pukul 11.06 WIB hingga pukul 11.32 WIB, dengan 15 kesalahan.

Meskipun terdapat beberapa kesalahan, capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Risky. Ia berharap untuk terus memperbaiki hafalannya dan meminimalisasi kesalahan di masa mendatang, agar semakin mantap dalam menjaga hafalan Al-Qur'an.

Semoga Allah ﷻ senantiasa memberikan kekuatan kepada Risky Abdullah dan santri lainnya untuk selalu istikamah dalam murajaah dan menjaga hafalan, serta menjadi penghafal Al-Qur'an yang senantiasa bermanfaat bagi Islam dan umat.

Al-Qur'an menjadi sumber inspirasi dan pedoman hidup yang mengarahkan manusia untuk hidup dengan penuh ketenangan dan kekuatan batin. Menjadi pemberi syafa'at bagi pembaca dan penghafalnya.

Kontributor: Ustaz Muhammad Rifa'i

Posting Komentar untuk "Risky Abdullah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII (Niha’i) Komplek Alasombo Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk"