Nur Khoirun Nisa, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Imtaq Komplek Jetis Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk

Setelah santri menyelesaikan setoran ziyadah 30 juz, langkah selanjutnya adalah memutqinkan hafalan dengan ujian tasmi' beberapa juz dalam sekali duduk. Semakin banyak juz yang diujikan berarti semakin kuat hafalannya.

Hal ini bertujuan untuk menguatkan hafalan secara lebih menyeluruh, memastikan santri mampu menjaga hafalannya dengan baik. Salah satu santri yang melaksanakan ujian tasmi' kali ini adalah Nur Khoirun Nisa, santri kelas 3 Imtaq di MATQ Qoryatul Qur'an.

Pada Jumat, 4 Oktober 2024, Nur Khoirun Nisa, putri dari Bapak Sukidi Al Medi dan Ibu Sugimi, yang berasal dari Polokarto, Sukoharjo, menjalani ujian tasmi' 5 juz sekali majelis di rumah Ustazah Aisyah. Juz yang ditasmi'kan meliputi juz 1 hingga juz 5, dengan durasi total 3 jam 49 menit.

Ustazah Aisyah yang bertindak sebagai pimpinan penyimak memberikan nasihat yang mendalam setelah tasmi’ berlangsung, “Walaupun hidup di generasi Z, jangan menjadi penghafal Al-Qur'an dengan kualitas penghafal akhir zaman.”

Nur Khoirun Nisa
Nur Khoirun Nisa laksanakan tasmi’ hafalan 5 Juz

Berikut adalah rincian waktu dan jumlah kesalahan yang terjadi selama tasmi': Diawali dari Juz 1 yang disetorkan dari pukul 10.03 hingga 10.32 WIB dengan hasil tanpa kesalahan. Kemudian Juz 2 dilanjutkan pada pukul 10.32 hingga 11.02 WIB dengan 1 kesalahan.

Juz 3 dimulai dari pukul 11.02 hingga 11.36 WIB dengan 2 kesalahan. Setelah jeda waktu Salat Jumat dan makan siang, tasmi' dilanjutkan pada Juz 4 dari pukul 12.48 hingga 13.18 WIB tanpa kesalahan. Terakhir, Juz 5 disetorkan dari pukul 13.18 hingga 13.52 WIB dengan 1 kesalahan.

Setelah ujian berakhir, Nur Khoirun Nisa juga membagikan motivasi bagi teman-temannya, “Tingkatkan level menghafal Qur'an. Jangan sekadar menghafal.” Kalimat ini menjadi pelecut baginya dalam proses murajaah.

Semoga Allah ﷻ senantiasa memberi keistikamahan kepada Nur Khoirun Nisa dalam menjaga dan mengamalkan hafalan Al-Qur'annya, serta menjadikan perjuangannya sebagai inspirasi bagi seluruh santri lainnya. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Ratry Fatmawati

Posting Komentar untuk "Nur Khoirun Nisa, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Imtaq Komplek Jetis Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk"