Khodijah Jamilatul Jannah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XI Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz

Dalam hadis Rasulullah ﷺ disebutkan bahwa Ahlul Qur’an, yakni mereka yang menjaga dan mengamalkan Al-Qur’an, adalah keluarga Allah ﷻ di bumi. Mereka adalah hamba-hamba pilihan yang diberi kemuliaan oleh Allah ﷻ karena dekat dengan firman-Nya, menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup, bukan hanya dihafal tetapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Para santri di PPTQ Qoryatul Qur’an berusaha melayakkan diri menjadi bagian dari hamba pilihan itu dengan berjuang menghafalkan Al-Qur’an. Satu per satu berhasil menuntaskan hafalan 30 juz, salah satunya adalah Khodijah Jamilatul Jannah.

Santri yang akrab dipanggil Jannah ini berasal dari Grogol, Sukoharjo. Jannah merupakan anak ke-9 dari 12 bersaudara, putri dari Bapak Sutrisno dan Almarhumah Ibu Titik Sumiati. Semoga hafalan Jannah menjadi salah satu wujud bakti pada kedua orang tua.

Pada hari Jumat, 4 Oktober 2024, Jannah menyelesaikan setoran hafalan terakhirnya, yaitu Juz 25, yang disimak oleh Ustazah Shafna di Komplek 02 Pucung. Setelah menghafal selama 1 tahun 4 bulan, Jannah berhasil menyelesaikan hafalan 30 juznya dengan penuh ketekunan dan kesabaran.

Khodijah Jamilatul Jannah
Khodijah Jamilatul Jannah

Sebagai seorang penghafal Al-Qur'an, Jannah tidak hanya berjuang demi dirinya sendiri, tetapi juga membawa harapan besar untuk kedua orang tuanya, terutama untuk ibunya yang telah berpulang. Dalam setiap doanya, Jannah berharap agar hafalannya ini menjadi amal jariah bagi sang ibu.

Jannah, yang bercita-cita menjadi ustazah, menyampaikan kesannya setelah menyelesaikan hafalan, “Alhamdulillah sudah bisa menyelesaikan setoran hafalan 30 juz hingga saat ini.” Ia juga memberikan pesan bahwa menghafal Al-Qur'an bukan hanya soal menyimpan ayat-ayat dalam ingatan, tetapi juga mengamalkan dan memastikan hafalan tersebut mutqin (kuat).

Dalam proses menghafalnya, Jannah selalu menekankan pentingnya niat yang lurus dan kesungguhan. “Menghafal Al-Qur'an bukan hanya sekadar menghafal, tetapi juga mengamalkan apa yang ada di dalam Al-Qur'an,” katanya.

Keberhasilan Jannah ini adalah bukti bahwa dengan kesungguhan dan niat yang tulus, Allah akan mempermudah jalan bagi hamba-Nya yang berusaha. Semoga Allah ﷻ selalu memberi kemudahan kepada Jannah untuk menjaga hafalan dan semoga menjadi motivasi bagi semua santri.

Kontributor: Ustazah Tri Retno Iswati

1 komentar untuk "Khodijah Jamilatul Jannah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XI Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz"

  1. MaasyaaAllah..semoga Allah menjaga hafalan Qurannya dan memudahkan dalam mengamalkannya

    BalasHapus