Santriwati PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 02 Pucung Ikuti Sosialisasi Kesehatan Reproduksi

Sabtu, 19 Oktober 2024, Bagian Kesehatan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 02 Pucung mengadakan kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi dan pengecekan golongan darah bagi santriwati. Sosialisasi diikuti segenap santriwati dari kelas X Matiq, Imtaq, Tanjiah, dan kelas XI Matiq A serta Imtaq.

Acara pertama berlangsung di Masjid Al Muttaqin Pucung untuk pelaksanaan sosialisasi. Kemudian dilanjutkan di pendapa komplek untuk pengecekan golongan darah. Kegiatan dimulai pukul 09.00 hingga berakhir menjelang zuhur, sekira pukul 11.00 WIB.

Kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan reproduksi kepada para santriwati ini menghadirkan Ustazah Hana Latifah sebagai narasumber, yang didampingi oleh Ustazah Aisyah dan Ustazah Dwi Kurniasari.

Ustazah Hana dalam sosialisasinya menyampaikan poin-poin penting tentang cara menjaga kesehatan reproduksi. Beliau menekankan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan cepat saji yang dapat memengaruhi sistem reproduksi.

Sosialisasi
Sosialisasi dilaksanakan di masjid

Selain itu, Ustazah Hana juga menjelaskan bahwa gangguan pada sistem reproduksi tidak hanya disebabkan oleh pola makan, tetapi juga kebiasaan sehari-hari seperti tidak rutin mengganti pakaian dalam, penggunaan sabun yang tidak sesuai, dan kesalahan dalam membersihkan area reproduksi saat menstruasi.

Setelah sesi sosialisasi, santriwati mengikuti pengecekan golongan darah yang dilakukan di pendapa komplek. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi medis kepada para santriwati, tetapi juga membantu mereka mengenali golongan darah masing-masing sebagai langkah awal untuk lebih memahami kesehatan diri.

Manfaat dari kegiatan ini sangat beragam. Selain menambah wawasan santriwati mengenai kesehatan reproduksi, mereka juga diharapkan dapat menjaga kebersihan diri dan menjalani pola hidup sehat. Pengecekan golongan darah pun membantu mereka lebih siap dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cek golongan darah
Cek golongan darah santriwati

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan santriwati PPTQ Qoryatul Qur'an di Komplek 02 Pucung, semakin peduli terhadap kesehatan reproduksi dan lebih bijak dalam menjaga pola hidup sehari-hari. Memahami diri sendiri untuk menjaga diri sebagai santri yang memang dilatih hidup mandiri.

Semoga kegiatan pesantren terutama untuk kebaikan santri semacam ini bisa terus berlangsung secara berkala, sehingga santriwati tak hanya mendapat pelajaran agama di pesantren, tapi juga memahami ilmu-ilmu duniawi untuk kemaslahatan diri dan lingkungannya.

Kontributor: Ustazah Dwi Kurniasari

Posting Komentar untuk "Santriwati PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 02 Pucung Ikuti Sosialisasi Kesehatan Reproduksi"