Ihwah Istiqomah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Komplek Jetis Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk

Setelah menyelesaikan setoran hafalan ziyadah 30 juz, para santri MATQ Qoryatul Qur'an melanjutkan langkah memantapkan hafalan mereka dengan ujian tasmi' beberapa juz sekaligus.

Tasmi' ini dilakukan untuk memastikan bahwa hafalan mereka benar-benar kuat dan terjaga. Dalam sekali majelis, santri akan menyetorkan hafalan beberapa juz secara berturut-turut, yang menjadi ujian ketahanan dan ketepatan hafalan.

Pada hari Selasa, 1 Oktober 2024, Ihwah Istiqomah, santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 Matiq A dari Tawangsari, Sukoharjo, melaksanakan ujian tasmi' hafalan 5 juz sekali duduk di Komplek 07 Jetis.

Ihwah, yang merupakan putri dari Bapak Hardiman dan Ibu Sukini, berhasil menyetorkan hafalan dari juz 26 hingga juz 30 selama durasi 2 jam 7 menit, dari pukul 18.11 WIB hingga pukul 20.18 WIB, di bawah bimbingan Ustazah Salamah Asma sebagai pimpinan penyimak.

Ihwah Istiqomah
Ihwah Istiqomah laksanakan tasmi’ hafalan 5 Juz sekali duduk

Berikut rincian waktu dan jumlah kesalahan yang terjadi selama tasmi': Juz 26 dimulai pada pukul 18.11 WIB hingga pukul 18.39 WIB, dengan 4 kesalahan. Juz 27 berlangsung dari pukul 18.39 WIB hingga pukul 19.00 WIB, dengan 4 kesalahan.

Juz 28 disetorkan pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 19.28 WIB, dengan 6 kesalahan. Juz 29 berlangsung dari pukul 19.28 WIB hingga pukul 19.54 WIB, dengan 2 kesalahan. Juz 30 ditasmi'kan mulai pukul 19.55 WIB hingga pukul 20.18 WIB, dengan 3 kesalahan.

Setelah menyelesaikan ujian tersebut, Ustazah Salamah Asma memberikan nasihat kepada Ihwah Istiqomah dan santri lainnya, bahwa menghafal Al-Qur’an itu menjadi salah satu langkah kita untuk lebih dekat kepada Allah dan menjadikannya sebagai pedoman dalam hidup kita.

“Jadi, jangan hanya sekadar menghafal saja, tapi juga dipelajari dan diamalkan,” kata Ustazah Salamah Asma memberikan motivasi, “Tetap semangat dan istikamah.”

Ihwah juga memberikan motivasi kepada sesama santri dengan kutipan inspirasional, “If we never try, we will never know.” Semangat ini mencerminkan tekadnya untuk terus berusaha memantapkan hafalan dan mencapai tujuan yang lebih tinggi.

Semoga Allah ﷻ senantiasa memberikan kemudahan kepada Ihwah Istiqomah dan seluruh santri lainnya dalam menjaga hafalan Al-Qur’an, mengamalkannya, serta selalu diberi keistikamahan dalam murajaah. Semoga pula capaian ini menjadi motivasi bagi seluruh santri untuk lebih giat dan tekun dalam menghafal Al-Qur’an. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Ratry Fatmawati

Posting Komentar untuk "Ihwah Istiqomah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Komplek Jetis Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk"