Kajian Rutin Ahad Malam di Masjid Al Hikmah Jetis Krajan, Ustaz Khoirul Umam Ingatkan Hak-Hak Sesama Muslim

Jetis, 13 Oktober 2024. Kajian rutin Ahad Malam kembali digelar di Masjid Al Hikmah, Jetis, Krajan. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 20.00 hingga 21.00 WIB ini dihadiri oleh para santriwati PPTQ Qoryatul Qur’an kelas 3 (Niha'i) Matiq dan Imtaq, serta warga setempat Dukuh Jetis.

Acara ini bertujuan untuk memperbaiki diri bagi para santriwati sekaligus menambah wawasan keagamaan masyarakat sekitar melalui majelis taklim. Menjadi kewajiban bagi muslim untuk selalu mencari ilmu.

Ustaz Khoirul Umam dari Tawangsari hadir sebagai pembicara dalam kajian ini. Pengasuh Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tawangsari ini menyampaikan kajian dengan topik utama mengenai hak-hak sesama muslim.

Ustaz Khoirul Umam
Ustaz Khoirul Umam mengajak hadirin untuk memperhatikan hak sesama muslim

Salah satu poin penting yang dibahas adalah kewajiban seorang muslim untuk menjenguk saudara yang sedang sakit. Sekaligus diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ untuk mendoakannya. Doa untuk orang sakit yang bisa kita panjatkan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Ya Allah, Tuhannya manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Selain itu, Ustaz Khoirul Umam juga menekankan pentingnya takziyah atau mengantarkan jenazah sebagai bagian dari kewajiban seorang muslim. Rasulullah ﷺ bahkan pernah mencium kening jenazah salah seorang sahabat. Kewajiban lainnya termasuk memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah.

Pesan penting lainnya dalam kajian ini adalah tentang keharusan saling menasihati dalam kebaikan. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan, maka hendaklah untuk saling menasihati dan mengajak dalam hal kebaikan.

Kajian
Kajian berlangsung dengan khidmat

Ustaz Khoirul Umam menegaskan bahwa umat Islam harus bersatu dan saling menguatkan, seperti satu tubuh yang saling terhubung. Beliau juga mengutip hadis sebagai motivasi menjadi manusia yang bermanfaat.

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia.” (HR. Ahmad)

Kajian rutin di Masjid Al Hikmah Jetis Krajan ini diharapkan terus memberikan manfaat bagi santriwati PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis dan masyarakat Jetis dalam memperdalam pemahaman agama dan mempererat hubungan antar sesama muslim.

Kontributor: Ustazah Ratry Fatmawati, Ustazah Muna Nur Aini

Posting Komentar untuk "Kajian Rutin Ahad Malam di Masjid Al Hikmah Jetis Krajan, Ustaz Khoirul Umam Ingatkan Hak-Hak Sesama Muslim"