Kajian bersama Warga Ngruwuh Kulon, Punduhsari, Manyaran, Ustaz Salman Al Farisi Sampaikan tentang Fitnah Kubur

Ahad, 13 Oktober 2024, Masjid Al Hijrah yang berlokasi di Dukuh Ngruwuh Kulon RT 02 RW 11, Punduhsari, Manyaran, Wonogiri, kembali menyelenggarakan acara kajian rutin bersama Tim Dakwah PPTQ Qoryatul Qur’an. Kegiatan ini berlangsung selepas Salat Magrib hingga waktu Salat Isya.

Acara dimulai dengan Salat Magrib berjemaah yang diikuti oleh warga masyarakat sekitar. Seusai salat, kajian dimulai. Bertindak sebagai pembawa acara, Bapak Eko Susanto selaku Ketua Takmir Masjid Al Hijrah memandu jalannya kegiatan.

Sebagai pembuka majelis taklim, tilawah Al-Qur'an dilantunkan oleh Syifatuhufah Azzahra, seorang santri TPA Masjid Al Hijrah. Semoga dengan bacaan ayat suci ini menjadikan berkahnya acara dari awal hingga akhir.

Ustaz Salman
Ustaz Salman ajak manfaatkan waktu untuk beribadah agar dijauhkan dari siksa kubur

Materi kajian pada malam itu disampaikan oleh Ustaz Salman Al Farisi, salah satu dai dari Tim Dakwah PPTQ Qoryatul Qur’an yang hadir bersama Ustaz Abdul Mu'in, Ustaz Bilal Ahmad Mubaroq, Ustaz Surya Adi Prasetyo, Ustaz Aldi Hermawan, dan Pak Hendri Setiawan.

Dalam tausiah kali ini, Ustaz Salman membahas tentang fitnah kubur, khususnya mengenai pertanyaan yang akan diajukan di alam barzah. Beliau menyampaikan bahwa bagi orang yang meninggal dunia dalam keadaan membawa dosa, akan menghadapi siksa di alam kubur.

Sebaliknya, orang beriman akan mengalami kematian yang penuh dengan kemudahan dan kedamaian. Malaikat akan mencabut nyawa mereka dengan lembut, seperti mengambil sehelai rambut dari adonan. Kuburan orang beriman akan diluaskan, diterangi, dan ditemani oleh amal saleh yang dilakukan selama di dunia.

“Kesempatan hidup yang kita miliki saat ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah ﷻ,” pesan Ustaz Salman kepada para jemaah. Ia juga mengingatkan bahwa siksa kubur akan menimpa mereka yang tidak beriman kepada Allah ﷻ.

Kajian QQ
Suasana kajian bersama warga Ngruwun Kulon

Kajian bersama masyarakat di Dukuh Ngruwuh Kulon ini merupakan bagian dari upaya dakwah dan pembinaan spiritual bagi masyarakat desa binaan PPTQ Qoryatul Qur’an, yang rutin dilakukan untuk meningkatkan kesadaran beragama dan kualitas ibadah warga.

Semoga keberadaan PPTQ Qoryatul Qur’an memberikan manfaat bagi masyarakat dan membawa kebaikan untuk umat, demi tegaknya Islam di muka bumi, sebagai rahmat bagi seluruh alam. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

1 komentar untuk "Kajian bersama Warga Ngruwuh Kulon, Punduhsari, Manyaran, Ustaz Salman Al Farisi Sampaikan tentang Fitnah Kubur"

  1. Nama ustadznya kayak nama masjid gede banget di sini pak, dibilang Taj Mahalnya Malang heheh..

    BalasHapus