Aryanychi Nur Hidayati, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq B Komplek Jetis Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk

Sudah menjadi tradisi, bahwa setelah menyelesaikan setoran ziyadah 30 juz, para santri MATQ Qoryatul Qur’an melanjutkan proses pemantapan hafalan dengan ujian tasmi' beberapa juz sekali majelis.

Ujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa hafalan santri tetap kuat dan lancar. Salah satu cara efektif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an adalah dengan mengujinya dalam jumlah juz yang signifikan, sehingga ketahanan hafalan teruji.

Pada Kamis, 3 Oktober 2024, Aryanychi Nur Hidayati, santri kelas 3 Matiq B, mengikuti ujian tasmi' 5 juz sekali majelis. Aryanychi yang berasal dari Weru, Sukoharjo ini berhasil menyetorkan hafalan dari juz 26 hingga juz 30.

Aryanychi Nur Hidayati
Aryanychi Nur Hidayati laksanakan tasmi’ hafalan 5 juz sekali duduk

Putri dari pasangan Bapak Suparman dan Ibu Dian Setyowati ini melaksanakan tasmi' 5 juz dalam durasi 3 jam 21 menit di Komplek 07 Jetis. Ustazah Salamah Asma bertindak sebagai pimpinan penyimak dalam ujian ini.

Berikut adalah rincian waktu dan jumlah kesalahan yang terjadi selama tasmi' berlangsung: Diawali Juz 26 yang disetorkan mulai pukul 13.20 hingga 14.01 dengan 8 kesalahan.

Lalu Juz 27 dimulai pada pukul 14.01 hingga 14.33 dengan 4 kesalahan. Lanjut Juz 28 dilanjutkan dari pukul 14.33 hingga 15.12 dengan 4 kesalahan. Juz 29 dimulai pada pukul 15.24 hingga 16.11 dengan 13 kesalahan. Ditutup Juz 30 disetorkan mulai pukul 16.11 hingga 16.41 dengan 3 kesalahan.

Setelah ujian berakhir, Ustazah Salamah Asma memberikan nasihat kepada Aryanychi dan para santri lainnya, “Menghafal Al-Qur'an adalah salah satu langkah untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan menjadikannya pedoman hidup.”

Lebih lanjut, beliau mengingatkan agar para santri jangan hanya sekadar menghafal, tapi juga harus dipelajari dan diamalkan. “Tetap semangat dan istikamah,” pungkas Ustazah Salamah Asma memotivasi.

Aryanychi pun membagikan kalimat motivasi kepada teman-temannya, sebagaimana yang menjadi pendorong langkahnya selama ini. “Tidak ada yang mustahil. Jika orang lain bisa, maka kamu harus lebih bisa!”

Semoga Allah ﷻ senantiasa memberi kemudahan dan keistikamahan bagi Aryanychi dalam menjaga hafalan Al-Qur'an-nya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga capaian ini menjadi inspirasi bagi seluruh santri lainnya. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Ratry Fatmawati

Posting Komentar untuk "Aryanychi Nur Hidayati, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq B Komplek Jetis Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk"