Wahida Amanah Balqis, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XI Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz

Allah ﷻ berjanji, setiap ikhtiar yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan berbuah hasil, terutama dalam usaha mulia seperti menghafal kitab suci-Nya, Al-Qur’an. Setiap ayat yang dihafalkan membawa keberkahan, dan Allah ﷻ mempermudah jalan bagi hamba-hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam menjaga kalam-Nya.

Hal ini juga dirasakan oleh Wahida Amanah Balqis, santri kelas 2 Imtaq di MATQ Qoryatul Qur’an, yang akrab dipanggil Balqis. Dengan penuh ketekunan dan semangat, Balqis berhasil menyelesaikan setoran hafalan 30 juz dalam waktu 1 tahun 3 bulan.

Puncaknya adalah pada hari Senin, 30 September 2024, Balqis menyetorkan juz terakhir yang dihafalkannya, yaitu Juz 25, kepada Ustazah Siti Laela yang dengan sabar berkenan menyimaknya. Bertempat di PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 02 Pucung.

Wahida Amanah Balqis
Wahida Amanah Balqis

Balqis, putri dari pasangan Bapak Maryanto dan Ibu Lusianti, yang berasal dari Jatisrono, Wonogiri. Merupakan anak pertama dari dua bersaudara, lahir di Kebumen pada 30 November 2007. Hafalan ini semoga menjadi bentuk baktinya pada kedua orang tua.

Remaja yang memiliki hobi menonton film ini bercita-cita menjadi seorang CEO. Meskipun memiliki cita-cita besar di bidang karier profesional, Balqis tetap menempatkan Al-Qur’an sebagai prioritas dalam hidupnya.

Setelah menyelesaikan hafalan 30 juz, Balqis mengungkapkan perasaan bangga dan syukur. “Senang dan bersyukur serta bangga bisa menyelesaikan setoran hafalan 30 juz. Akhir yang indah membutuhkan perjuangan yang besar,” ucapnya dengan penuh kebahagiaan.

Dalam pesannya kepada teman-teman sesama santri, Balqis memberikan dorongan agar tidak pernah menyerah dalam menghafal Al-Qur’an. “Teruslah semangat karena segala sesuatu itu tidak ada yang instan, dan jangan pernah lupa untuk selalu menata niat untuk meraih rida Allah di setiap langkahnya.”

Balqis sadar betul bahwa selesai hafalan Al-Qur’an bukan akhir dari perjuangan. “Ziyadah itu cinta, murajaah itu setia, jadi meskipun sudah selesai menghafal, kita harus tetap mengulang hafalan kita,” katanya. “Jika sedang malas, ingatlah seberapa susah kita memulainya dulu.”

Dengan keyakinan penuh, Balqis percaya bahwa, “If you think you can, you can”. Ia berharap Allah senantiasa memudahkan langkahnya dalam menjaga hafalan dan mengamalkannya, serta berharap usahanya dapat menjadi motivasi bagi santri lain untuk terus bersemangat dalam menghafal Al-Qur’an.

Semoga keberhasilan Balqis ini menjadi inspirasi bagi santri lainnya, bahwa dengan usaha sungguh-sungguh dan niat yang lurus, Allah akan memberikan pertolongan dan kemudahan di setiap langkah. Selamat, ya, Balqis!

Kontributor: Ustazah Tri Retno Iswati

Posting Komentar untuk "Wahida Amanah Balqis, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XI Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz"