PT Pos Indonesia Cabang Area Wonogiri Sukoharjo Sosialisasikan Pembayaran QRIS kepada SDM Administrasi PPTQ Qoryatul Qur’an

Menindaklanjuti kerja sama dengan PT Pos Indonesia cabang area Wonogiri-Sukoharjo, terkait program pos dalam peningkatan layanan pembayaran di PPTQ Qoryatul Qur’an, hari ini, Senin, 9 September 2024, dilaksanakan sosialisasi penggunaan QRIS.

Branch Manager KCP Jatipurno Bapak Dwi Suryanto hadir langsung beserta jajarannya untuk bertemu dengan para asatiz PPTQ Qoryatul Qur’an yang selama ini bertugas dalam menangani pembayaran santri dan juga tim QQ Peduli yang biasa mengurusi penggalangan donasi.

Dalam pengantar, Pak Dwi menyebut bahwa beliau juga merasa memiliki pesantren ini, sehingga ingin turut mengembangkan sesuai kapasitas beliau, agar PPTQ Qoryatul Qur’an bisa maju bersama perkembangan teknologi yang ada.

Sosialisasi QRIS Pos
Sosialisasi QRIS dari PT Pos Indonesia

Pak Dwi tidak ingin pesantren ini ketinggalan zaman karena tidak menggunakan teknologi terkini terutama dalam hal pembayaran santri maupun ketika melakukan penggalangan donasi. Dalam hal ini, kerja sama dengan PT Pos yang sudah dimulai adalah penyediaan QRIS yang merupakan produk resmi Bank Indonesia yang terjamin keamanannya.

Aplikasi yang dipakai adalah PosPay yang tidak ada biaya bulanan. “Yang saya tekankan adalah, PosPay tidak ada bunga dan tidak ada biaya bulanannya, insyaallah ini lebih aman dalam tinjauan syari sebagai lembaga pesantren,” ungkap Pak Dwi.

Bahkan ke depan, beliau berharap PPTQ Qoryatul Qur’an menjadi lembaga yang memiliki unit usaha, meski orientasinya tidak untuk cari untung, melainkan mengajar santri terbiasa dengan jenis usaha yang ada di dalam masyarakat.

PT Pos bisa mengembangkan potensi pesantren melalui Agen Pos, di mana di situ nanti bisa untuk melayani beragam pembayaran dari tagihan listrik, air, telkom, dan sebagainya. Kebutuhan ini sudah menjadi kebutuhan pokok di mayarakat kita.

Sosialisasi QRIS dihadiri oleh Direktur Operasional PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Hartanto, S.Pd.I, Wadir Kepengasuhan Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I., M.P.I, Wadir Pengajaran Ustaz Faris Ahmad, Lc., M.Pd, Ustaz Nasrudin, dan ustaz-ustazah bagian pembayaran serta donasi.

Kenapa harus QRIS? Menurut Pak Dwi, orang tua atau wali santri akan dimudahkan dengan adanya QRIS karena bisa melakukan pembayaran dari rumah. Para asatizah juga mudah dalam mengecek setiap transaksi masuk dan memudahkan saat merekap.

PT Pos sudah membuatkan akun QRIS untuk pembayaran pesantren, donasi QQ Peduli, dan donasi ORTAS-Qu (Orang Tua Asuh Al-Qur'an) yang dananya nanti masuk ke rekening yang ada di PosPay. Pencairan bisa melalui kantor pos atau mentransfer dulu ke rekening bank untuk diambil di ATM terdekat.

Sementara untuk setiap SDM administrasi di setiap komplek, bisa mengunduh aplikasi QRIS POS yang dengan itu bisa mengecek secara langsung setiap ada transaksi masuk, sehingga tak harus konfirmasi ke bendahara pusat, sudah bisa melihat bukti pembayaran dari wali santri.

Serah terima QRIS
Serah terima layanan QRIS secara simbolis sebagai bentuk kerja sama dengan PT Pos Indonesia

Sosialisasi QRIS ini juga dilaksanakan dengan praktik langsung cara menggunakan pembayarannya. Hanya dengan scan barcode QRIS maka kita sudah diarahkan untuk melakukan pembayaran di PPTQ Qoryatul Qur’an, baik untuk biaya pendidikan maupun donasi ke QQ Peduli.

Semoga dengan terlaksananya sosialisasi QRIS yang diikuti segenap SDM administrasi PPTQ Qoryatul Qur’an ini bisa memberikan wacana baru yang lebih mencerahkan terkait pembayaran di pesantren, memudahkan bagi orang tua wali dan para donatur untuk melakukan transaksi keuangan dengan pesantren.

1 komentar untuk "PT Pos Indonesia Cabang Area Wonogiri Sukoharjo Sosialisasikan Pembayaran QRIS kepada SDM Administrasi PPTQ Qoryatul Qur’an"

  1. Nah ini seneng banget kalau ada edukasi Pospay begini ke ponpes. Nantinya santri juga bisa belajar bagaimana belajar memiliki usaha bermodal gaadget saja.

    BalasHapus