Soni Firros Azka Muzaffa, Santri MTsTQ Qoryatul Qur’an Kelas IX Selesaikan Hafalan 30 Juz

Pencapaian luar biasa diraih oleh Soni Firros Azka Muzaffa, santri kelas 9 MTsTQ Qoryatul Qur’an, yang berhasil menuntaskan hafalan 30 juz Al-Qur'an. Santri yang akrab dipanggil Muzaffa ini berhasil menyelesaikan setoran hafalannya kepada Ustaz Affan pada 4 September 2024 di Komplek Kauman 02.

Muzaffa, yang lahir pada 21 Juli 2010, merupakan anak kedua dari lima bersaudara. Ia berasal dari Ngentak, Klaten. Remaja ini memiliki hobi membaca serta bermain sepak bola. Membaca menambah wawasan, main bola menyehatkan raga, dan menghafal Al-Qur’an membentuk ruh keimanan.

Dengan dukungan penuh dari lingkungan pesantren dan keluarganya, terutama dari Bapak Muhammad Irhason dan Ibu Eni Rohayatun, Muzaffa akhirnya berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur'an setelah berjuang keras dalam waktu 2 tahun 2 bulan. Barakallah, Muzaffa!

Dalam kesannya, Muzaffa menyampaikan rasa syukur atas lingkungan yang mendukungnya, baik dari teman-teman maupun para ustaz yang selalu memberikan dorongan. “Bersyukur hidup di lingkungan dan teman yang mendukung untuk menyelesaikan hafalan, juga adanya doa dan motivasi orang tua yang tidak pernah putus,” ujarnya.

Soni Firros Azka Muzaffa
Soni Firros Azka Muzaffa

Muzaffa juga menyampaikan harapan agar Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an (PPTQ) Qoryatul Qur'an semakin banyak melahirkan para hafiz yang mampu menjaga dan mengamalkan Al-Qur'an. “Semoga PPTQ Qoryatul Qur'an banyak melahirkan hafizh Qur'an,” harapnya.

Kutipan favoritnya, “Man shabara zhafira” (Barang siapa bersabar, maka ia akan beruntung), menjadi semangat yang selalu ia pegang dalam setiap langkah menghafal. Tak ada yang mudah dicapai tanpa kesabaran dalam menjalani prosesnya. Apalagi terkait menghafal kitab suci ini.

Muzaffa adalah satu dari banyak remaja muslim yang mengidolakan sahabat Nabi, Thalhah bin Ubaidillah RA, yang dikenal sebagai perisai Rasulullah ﷺ dalam Perang Uhud. “Saya mengagumi Thalhah karena keberaniannya dan pengorbanannya untuk Rasulullah ﷺ,” tuturnya.

Dengan prestasi ini, Muzaffa telah mengukir pencapaian yang membanggakan, sekaligus menjadi inspirasi bagi para santri lainnya di Qoryatul Qur’an. Semoga hafalan Al-Qur’an-nya dapat terjaga dengan baik dan membawa berkah dalam kehidupannya, serta menjadi motivasi bagi santri-santri lain untuk terus berjuang meraih prestasi serupa.

Kontributor: Ustaz Muhammad Rizal Habib

Posting Komentar untuk "Soni Firros Azka Muzaffa, Santri MTsTQ Qoryatul Qur’an Kelas IX Selesaikan Hafalan 30 Juz"