Santri Ta'jil dan Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Gelar Semarak Maulid Nabi Muhammad di Komplek Jonggring Saloka

Senin, 16 September 2024 bertepatan dengan 12 Rabiulawal 1446 H, seluruh umat islam sedang bergembira merayakan Maulid Nabi Muhammad ﷺ. Hari kelahiran manusia pilihan yang mengemban risalah Islam untuk menjadi rahmat bagi semesta alam.

Kegembiraan itu juga terlihat pada wajah para santri MATQ Qoryatul Qur’an program Ta'jil dan mahasantri putra Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Komplek 08 Jonggring Saloka, yang turut merayakan semarak Maulid Nabi Muhammad ﷺ dengan mengadakan berbagai macam kegiatan.

Khataman
Semarak Maulid Nabi dimulai dengan khataman Al-Qur'an di Masjid Nurul Ilmi

Kegiatan dimulai bakda Salat Subuh, seluruh santri Ta'jil dan mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an serta asatizah Komplek 08 Jonggring Saloka melaksanakan khataman Al-Qur’an di Masjid Nurul Ilmi. Harapannya dengan mengadakan khataman Al-Qur’an bisa mendatangkan keberkahan dari Allah ﷻ.

Para santri dan mahasantri diajak nobar (nonton bareng) film kelahiran Nabi Muhammad ﷺ, pada pukul 08.00 WIB, setelah sebelumnya melaksanakan marosim (apel) pagi. Film yang berdurasi cukup panjang, yang menceritakan sejarah kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.

Rasulullah
Nonton bareng film tentang kelahiran Rasulullah Muhammad

Harapannya, dengan diadakan nobar film tersebut seluruh santri dan mahasantri dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari sejarah kelahiran manusia yang paling mulia yakni Nabi Muhammad ﷺ, sosok teladan bagi umat Islam sedunia.

Para santri dan mahasantri juga mengikuti kegiatan lomba penulisan sejarah Nabi Muhammad ﷺ. Kegiatan dilaksanakan bakda Salat Zuhur, sekira pukul 13.00 WIB, dipandu oleh Ikhwanul Dzikra selaku pengurus BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an.

Setiap santri dan mahasantri diberikan kertas folio untuk menulis, minimal penulisan yaitu 3 halaman kertas folio dengan dengan durasi waktu pukul 13.00 WIB sampai azan Asar berkumandang. Semangat yang luar biasa ditunjukkan oleh mereka, sebagai bukti kecintaan pada Rasulullah ﷺ.

Lomba menulis
Lomba menulis tentang sejarah Nabi Muhammad

Selain dapat mengingat dan mempelajari sejarah kelahiran Nabi Muhammad ﷺ, lomba ini juga melatih santri dan mahasantri untuk mengasah skill-nya dalam bidang penulisan. Sekaligus agar mereka dapat lebih paham dan dapat mengambil ibrah dari sejarah kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Selasa malam Rabu, 17 September 2024 sebagai acara puncak semarak Maulid Nabi Muhammad ﷺ di Komplek 08 Jonggring Saloka sekaligus penutup dari seluruh rangkaian acara peringatan hari lahir Rasulullah ini.

Di antara kegiatan pada acara puncak semarak Maulid Nabi Muhammad ﷺ adalah, mudzakarah kelahiran Nabi Muhammad ﷺ, pemberian apresiasi kepada pemenang lomba penulisan sejarah Nabi Muhammad ﷺ, dan penampilan-penampilan dari santri Ta'jil dan mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an.

Acara dimulai usai pelaksanaan Salat Isya, atau tepatnya pada pukul 20.30 WIB dipandu oleh Ikhwanul Dzikro dan Sholeh Khabul yang bertindak sebagai pembaca acara. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Muidz Luthfi yang membacakan surat Al-Fath ayat 27-29.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada pemenang lomba penulisan sejarah Nabi Muhammad ﷺ. Pemenang diambil satu orang setiap marhalah. Untuk Ma’had Aly marhalah 6 dimenangkan oleh Muhammad Shodiqin Sri Pamungkas.

Juara lomba
Juara lomba menulis kehidupan Rasulullah

Untuk santri Ta' jil kelas X dimenangkan oleh Muhammad Yusuf Musa, dan untuk Ta'jil Kelas XI dimenangkan oleh Burhanuddin Rabbani. Para pemenang lomba penulisan sejarah Nabi Muhammad ﷺ diminta untuk mempresentasikan hasil tulisannya.

Acara lanjut dengan penampilan dari santri Ta'jil. Ta'jil kelas X menampilkan drama keadaan manusia sebelum lahirnya Nabi Muhammad ﷺ dan keadaan setelah datangnya Islam serta dilanjutkan dengan pembacaan puisi, sedangkan Ta'jil kelas XI  menampilkan drama kisah keluarga Amar bin Yasir serta pembacaan puisi. Ma’had Aly Qoryatul Qur’an menampilkan kasidah selawat.

Mudzakaroh Maulid
Mudzakarah Maulid Nabi bersama Ustaz Luthfi Zubaidi

Acara inti mudzakarah Maulid Nabi Muhammad ﷺ bersama Kepala Unit Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., MH. Kemudian dilanjutkan dengan doa penutup oleh Ustaz Salman Al Farisi, S. Pd. Selesai sudah pelaksanaan kegiatan semarak Maulid Nabi tahun 1446 H ini. Semoga bermanfaat.

Reporter: Ustaz Salman Al Hawari

1 komentar untuk "Santri Ta'jil dan Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Gelar Semarak Maulid Nabi Muhammad di Komplek Jonggring Saloka"

  1. Keren nih dari sekolah aja sudah ada lomba kepenulisan sejarah Nabi SAW, masya Allah. Semoga semua generasi Islam paham sejarah kelahiran hingga Nabi SAW wafat dan dapat mengambil hikmahnya.

    BalasHapus