Sabilila Okta Fitriana, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XI Matiq A Komplek Pucung Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk

Sabtu, 28 September 2024, menjadi hari bahagia bagi Sabilila Okta Fitriana, santri kelas XI Matiq A di MATQ Qoryatul Qur’an, yang berhasil melaksanakan tasmi’ (mendengarkan hafalan) 5 Juz Al-Qur'an dalam sekali duduk di Masjid Al Muttaqin Pucung.

Dalam tasmi’ tersebut, Sabilila berhasil menghafalkan Juz 16 hingga Juz 20 dalam waktu total 3 jam 25 menit dengan penuh konsentrasi. Tentu menjadi sebuah prestasi hafalan yang pantas diapresiasi, yang tak sembarang orang bisa melakukannya.

Atas doa dukungan kedua orang tuanya, Bapak Widodo dan Ibu Suratmi, santri asal Weru ini berhasil menunjukkan ketekunan dan kecintaannya terhadap Al-Qur’an. Capaian ini semakin menambah daftar prestasi Sabilila yang telah merampungkan setoran ziyadah 30 Juz Al-Qur’an.

Sabilila Okta Fitriana
Sabilila Okta Fitriana tasmi’ hafalan 5 Juz sekali duduk

Pada pelaksanaan tasmi' yang dimulai sejak pukul 05.45 WIB, Sabilila memulai hafalannya dengan membaca Juz 16. Dalam durasi sekitar 35 menit, ia menyelesaikan juz tersebut dengan hanya mencatat tiga kesalahan.

Berlanjut ke Juz 17, Sabilila membutuhkan waktu sekitar 20 menit dan kembali mencatatkan tiga kesalahan juga. Berlanjut tasmi' pada pukul 6.40 WIB untuk Juz 18 yang berhasil diselesaikan dalam waktu 40 menit, juga dengan tiga kesalahan.

Selanjutnya, Juz 19 diselesaikan lebih cepat dalam waktu sekitar 20 menit dengan hasil tiga kesalahan. Akhirnya, pada Juz 20 yang dibaca dari pukul 07.40 hingga 08.20 WIB, Sabilila mencatatkan empat kesalahan, menutup sesi tasmi'nya dengan penuh kebahagiaan dan haru.

Durasi tasmi’ yang cukup panjang, dijalani dengan fokus, artinya bahwa hal ini menunjukkan betapa Sabilila telah berlatih dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menyelesaikan tasmi' hafalan 5 Juz ini.

Dalam setiap juz, Sabilila menunjukkan kemampuan menghafal yang luar biasa, meskipun terdapat beberapa kesalahan. Hal ini menunjukkan proses hafalan yang membutuhkan konsistensi dan ketekunan tinggi. Ia juga membuktikan bahwa perjalanan menuju capaian ini tak mudah, namun penuh tantangan yang menguatkan.

Sabilila sendiri menyampaikan motivasinya dengan mengutip, “Nahkoda yang hebat tak akan terlahir dari laut yang tenang.” Kutipan ini mencerminkan semangat dan keteguhan hati yang dimiliki Sabilila dalam menempuh perjalanan menghafal Al-Qur’an.

Pihak keluarga, segenap asatizah, dan santri MATQ Qoryatul Qur’an turut memberikan dukungan penuh terlaksananya tasmi'. Dengan semangat yang kuat serta dukungan dari berbagai pihak, diharapkan Sabilila dan santri lainnya akan terus melangkah lebih jauh dalam meraih cita-cita serta menjadi penghafal Al-Qur'an yang berakhlak mulia.

Kontributor: Ustazah Tri Retno Iswati

Posting Komentar untuk "Sabilila Okta Fitriana, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XI Matiq A Komplek Pucung Sukses Laksanakan Tasmi’ Hafalan 5 Juz Sekali Duduk"