Peresmian Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Kauman Karangwuni bersama Ustaz Didik Efendi: “Mari Kita Rawat Tunas Tanaman Ini”

Jumat, 13 September 2024, bakda Salat Isya. PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar acara peresmian Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an (GT QQ) Kauman Karangwuni di area bangunan yang diwakafkan oleh keluarga Bapak Warsito yang saat ini tinggal di Balaraja, Tangerang, dan pada kesempatan ini berkenan mudik untuk hadir dalam acara malam ini.

Hadir para pengurus Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman, jajaran direktorat, para kepala komplek pesantren, Tim GT QQ, Tim Dakwah QQ, Kepala Desa Karangwuni Bapak Sri Margono, A.Md beserta perangkat, tokoh masyarakat, takmir masjid-musala sekitar, dan para wali santri GT QQ Kauman Karangwuni beserta putra-putrinya.

Peresmian GT Karangwuni
Acara peresmian GT QQ Kauman Karangwuni

Pertemuan dipandu oleh Ustaz Aldi Hermawan selaku pembawa acara. Beliau adalah koordinator dari seluruh Griya Tahfizh binaan PPTQ Qoryatul Qur’an. Tilawah Al-Qur’an oleh 3 santri GT QQ Kauman atas nama Azzahra Sunny Ramadhan, Gisel Syarifah Putri, dan Khonsa Kamila, yang melantunkan hafalan Surat An Naba ayat 1-20.

Tilawah
Tilawah Qur'an oleh santri GT QQ Kauman Karangwuni

Ucapan selamat datang disampaikan oleh Ketua Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman Bapak H. Wiyana, dilanjutkan pemutaran video dokumentasi kegiatan GT QQ Kauman Karangwuni yang sudah berjalan selama 3 hari ini.

Sambutan
Sambutan dan ucapan selamat datang dari Yayasan QQ Kauman

Sambutan panitia sekaligus sosialisasi terkait Griya Tahfizh binaan PPTQ Qoryatul Qur’an oleh Ustaz Bambang Wahyudi, SE. Beliau mengenalkan salah satu program pesantren untuk membina generasi melalui Griya Tahfizh sebagai pesantren masyarakat agar bisa membumikan Al-Qur’an di desa-desa binaan.

Ustaz Bambang juga menginformasikan sudah ada 46 anak mendaftar di GT QQ Kauman Karangwuni yang semua berasal dari Dukuh Kauman dan Dukuh Suruhan. Harapannya, akan segera menyusul anak-anak dari dukuh lain di sekitar Kauman Karangwuni untuk turut mendaftar di GT ini.

Ustaz Bambang Wahyudi
Ustaz Bambang sosialisasikan program Griya Tahfizh

Sebagai laporan kepada muwakif dan masyarakat, PPTQ Qoryatul Qur’an telah memulai dengan GT QQ untuk anak-anak setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Kemudian menindaklanjuti permintaan Khatib Jumat di masjid. Dan yang segera dimulai adalah pengajian warga sebulan sekali setiap malam Senin pekan ketiga.

Setelah penyampaian dari Ustaz Bambang Wahyudi, acara dilanjutkan dengan prosesi peresmian GT QQ Kauman Karangwuni. Bapak H. Sriono selaku sesepuh yayasan sekaligus menjadi wakil pihak keluarga muwakif berkenan meresmikan kegiatan Griya Tahfizh binaan PPTQ Qoryatul Qur’an di Kauman Karangwuni ini.

Pak Sriono
Pak H. Sriono meresmikan GT QQ Kauman Karangwuni

“Dengan mengucapkan Bismillahir rahmanir rahiim, malam ini kita resmikan Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an di Kauman Karangwuni, semoga menjadi pusat perkembangan dakwah di Karangwuni ini, aamiin,” ucap Pak H. Sriono penuh harap akan keridaan Allah.

Selanjutnya, Kepala Desa Karangwuni Bapak Sri Margono, A.Md mewakili pemerintah desa menyampaikan ucapan selamat atas peresmian GT QQ Kauman Karangwuni ini. Beliau mengungkapkan dukungan penuh pada kegiatan ini. Bahkan beliau langsung menyampaikan berkenan membuatkan tempat parkir untuk GT QQ ini.

Kepala Desa Karangwuni
Kepala Desa Karangwuni menyampaikan ucapan selamat dan dukungan pada GT QQ Kauman Karangwuni yang telah resmi dibuka

Pengajian akbar disampaikan oleh Ustaz Didik Efendi, ST. Beliau adalah Ketua MUI Kecamatan Weru yang juga sekaligus merupakan pengurus Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman yang membawahi PPTQ Qoryatul Qur’an.

Berkumpul dalam suasana yang baik ini, menurut Ustaz Didik adalah sebuah anugerah dari Allah. Beliau mengajak warga Kauman Karangwuni mensyukuri tinggal di sini karena Allah memudahkan dalam hal ibadah dan banyak temannya.

Ustaz Didik Efendi
Ustaz Didik mengajak merawat tunas GT bersama-sama

Ustaz Didik kemudian menyampaikan sebuah hadis yang berisi motivasi bagi umat Islam untuk menanam pohon, mengingat kebesaran manfaatnya baik untuk diri sendiri maupun untuk makhluk lainnya. Berikut inilah hadisnya.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلاَّ كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَلاَ يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ

Dari sahabat Jabir ra, ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang menanam pohon kecuali apa yang dimakan bernilai sedekah, apa yang dicuri juga bernilai sedekah. Tiada pula seseorang yang mengurangi buah (dari pohon-)nya melainkan akan bernilai sedekah bagi penanamnya sampai hari Kiamat.’”

Ustaz Didik menjelaskan bahwa sebagai muslim kita dianjurkan menanam pohon yang buahnya bisa dinikmati siapa saja. Entah itu yang memanen kita sendiri, atau mungkin orang lain, bahkan dicuri sekalipun, maka itu akan tetap bernilai sedekah di sisi Allah.

Peresmian GT
Suasana peresmian GT QQ Kauman Karangwuni

Terkait dengan GT QQ Kauman Karangwuni, ibaratnya ini adalah tanaman yang baru ditanam. Maka beliau mengajak siapa saja, terutama warga Kauman dan sekitar, agar berperan dalam merawat tanaman ini, agar kelak buahnya dinikmati bersama, menjadi pahala jariah bagi kita semua.

Semoga kegiatan peresmian Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Kauman Karangwuni dan Pengajian Akbar bersama Ustaz Didik Efendi ini menghadirkan keberkahan dari Allah dan menjadi titik mula dan pusat perkembangan dakwah di Karangwuni ini. Aamiin.

3 komentar untuk "Peresmian Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Kauman Karangwuni bersama Ustaz Didik Efendi: “Mari Kita Rawat Tunas Tanaman Ini”"

  1. Masya Allah, semoga Griya Tahfidz semakin bida mencetak banyak generasi robbani yang makin cinta Al Quran. Aamiin

    BalasHapus
  2. Barakallah, selamat atas peresmian Griya Tahfizh Quran, semoga semakin banyak tahfizh Quran yang lahir dari griya ini

    BalasHapus
  3. Masya Allah. Selamat ya atas peresmian Griya Tahfizh Quran. Semoga banyak tunas yang tumbuh sebagai pribadi Islami di sini. Barakallah

    BalasHapus