Penutupan Semarak Maulid Nabi di PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Berlangsung Khidmat

Senin malam, 16 September 2024, bertepatan dengan 12 Rabiulawal 1446 H, acara penutupan Semarak Maulid Nabi Muhammad ﷺ berlangsung khidmat di halaman Gedung Baru PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek 07 Jetis.

Kegiatan yang dimulai setelah Salat Magrib ini dihadiri oleh sesepuh komplek, para ustazah komplek, dan seluruh santriwati. Hadir di antaranya Abi Jaiman beserta istri sebagai sesepuh, serta Ustaz Abdul Mu'in, Ustaz Rosyid, Ustaz Hanif, dan Ustaz Imam Yoga, beserta istri masing-masing.

Acara dimulai dengan penutupan rangkaian Maulid Nabi yang telah berlangsung. Kegiatan ini menjadi momentum refleksi dan syiar tentang kecintaan terhadap Nabi Muhammad ﷺ. Abi Jaiman, dalam tausiahnya, menyampaikan pesan-pesan mendalam kepada para santriwati.

Penutupan
Abi Jaiman memberikan nasihat pada penutupan Semarak Maulid Nabi di komplek Jetis

“Tidurmu adalah lelahmu, bangunmu adalah amanah. Amanah untuk berdakwah dan menjadi santri yang mempunyai kepribadian Islami,” ungkap Abi Jaiman, mengingatkan santri akan tanggung jawab mereka sebagai generasi muda penerus dakwah.

Abi Jaiman juga menekankan pentingnya menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan. “Surat Ali Imran ayat 31 mengajarkan kita untuk mengikuti Nabi sebagai bukti kecintaan kita kepada Allah ﷻ,” ujar beliau, merujuk pada makna ayat tersebut.

Beliau juga mengutip hadis yang berbunyi, “Innama bu'istu liutammima makarimal akhlak,” yang artinya “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” Dengan ini, Abi Jaiman mengajak santriwati untuk menjadi wanita salihah yang sejati, dengan meneladani akhlak Nabi ﷺ.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Nadzam Sirah Thoriqiyyah oleh para santriwati, mengingatkan tentang perjalanan hidup manusia agung pilihan Allah ﷻ, yakni Rasulullah Muhammad ﷺ, sang pembawa risalah, teladan bagi kita semua.

Lalu disusul dengan makan bersama yang menambah kehangatan dan kebersamaan di malam ini. Kegiatan menarik lainnya adalah “Baterai Cinta”, di mana santriwati saling menyuapi sesama teman sebagai simbol kasih sayang dan kebersamaan yang diajarkan dalam Islam.

Dengan penutupan ini, rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad ﷺ di Komplek 07 Jetis resmi berakhir. Semoga seluruh rangkaian acara menjadi amal yang diterima oleh Allah ﷻ, serta menambah kecintaan para santri kepada Rasulullah ﷺ dan meneladani akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari.

Kontributor: Ustazah Nafi Aritamala

1 komentar untuk "Penutupan Semarak Maulid Nabi di PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Berlangsung Khidmat"