PPTQ Qoryatul Qur’an Berkolaborasi dengan Tokoh Masyarakat Bentuk Kepengurusan Griya Tahfizh QQ Kauman Karangwuni

PPTQ Qoryatul Qur’an memulai realisasi program Griya Tahfizh di lokasi wakaf keluarga Bapak Warsito di Dukuh Kauman, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru dengan membentuk kepengurusan Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an (GT QQ) yang akan didirikan.

Pertemuan dilaksanakan pada hari Senin, 2 September 2024 bakda Salat Isya. Dari PPTQ Qoryatul Qur’an hadir Wadir Dakwah Ustaz Bambang Wahyudi, SE, tim dakwah dan beberapa asatiz penanggung jawab GT yang sudah berjalan.

GT Kauman
Musyawarah pembentukan pengurus GT QQ Kauman Karangwuni

Sementara dari tokoh masyarakat yang hadir di antaranya adalah Pak Suwarno (RW 01), Pak Harto Mulyono (RT 01), Pak Surip Widodo (RT 02), Pak Trimono (RT 03), Pak Joko Kristianto (Ketua Karang Taruna), Pak Wari, Pak Mukadam, Pak Sunarno, S.Pd.I, Pak Aris, dan beberapa tokoh lainnya.

Acara dipandu Koordinator GT QQ Ustaz Aldi Hermawan selaku MC. Setelah dibuka basmalah bersama-sama, tilawah Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Ustaz Surya Kurniawan yang membacakan Surat Ali Imran ayat 102-104.

Sambutan dari tuan rumah diwakili oleh Bapak H. Sriono. Beliau mengajak masyarakat Dukuh Kauman Karangwuni untuk mendukung program yang akan dilaksanakan oleh PPTQ Qoryatul Qur’an di lokasi wakaf Bapak Warsito ini.

Acara inti pembentukan kepengurusan GT QQ Kauman Karangwuni dipimpin langsung oleh Wadir Dakwah Ustaz Bambang Wahyudi, SE. Beliau memulai dengan memperkenalkan tim dari pesantren yang hadir pada pertemuan kali ini.

Beliau juga mengenalkan dua ustaz yang akan ditugaskan dari pesantren untuk mengampu di GT QQ Kauman Karangwuni yakni Ustaz Surya Kurniawan dan Ustaz Abdul Mu'in.

Ustaz Bambang Wahyudi mengajak hadirin untuk meniatkan pendirian GT QQ Kauman Karangwuni ini guna mendakwahkan Al-Qur’an karena dengannya akan menghadirkan keberkahan bagi kita semua, terutama warga masyarakat Kauman.

“GT QQ Kauman ini secara urutan akan jadi komplek GT yang keenam, dengan keistimewaan sebagai GT QQ yang paling komplit fasilitas fisiknya dibanding GT QQ yang lain, yang serba seadanya,” kata Ustaz Bambang.

Untuk menciptakan hubungan yang kian harmonis, kepengurusan GT QQ Kauman Karangwuni akan dibentuk dengan kolaborasi antara para asatiz PPTQ Qoryatul Qur’an dengan para tokoh masyarakat di Kauman ini.

Ustaz Bambang Wahyudi
Ustaz Bambang Wahyudi memimpin pembentukan pengurus GT QQ Kauman Karangwuni

Kesinambungan dari program GT QQ adalah ketika santrinya nanti akan melanjutkan belajar ke pondok pesantren maka sudah memiliki bekal yang mendukung. Sehingga lebih mudah dalam belajar di pesantren.

Sebagai pendukung penyampaian dari Ustaz Bambang, diputarkan video dokumentasi dari GT QQ yang sudah ada. Diperlihatkan bagaimana metode pengajaran yang diterapkan, termasuk pelajaran adab dan akhlak bagi anak-anak.

Selain membentuk GT QQ untuk anak-anak, rencana secara bertahap akan diperluas menjadi pesma atau pesantren masyarakat dengan menggelar kajian-kajian berkala, yang tentu butuh dukungan dari para tokoh masyarakat untuk sosialisasinya.

Hadirin
Para tokoh yang hadir dalam pertemuan GT QQ Kauman Karangwuni

Setelah penyampaian Ustaz Bambang, tanggapan dari tokoh masyarakat diwakili oleh Bapak Sunarno, S.Pd.I. Beliau menyambut baik program dari Qoryatul Qur’an dan berharap sebagaimana umumnya nama Dukuh Kauman menjadi dukuhnya para ahli agama.

Menanggapi rencana kajian berkala, menurut beliau juga menjadi jawaban atas keinginan warga Dukuh Kauman agar bisa terlaksana ke depannya. Kegiatan apapun di komplek GT QQ ini akan didukung oleh masyarakat.

Pak Sunarno selaku takmir masjid di Kauman juga berterima kasih karena berkenan mengisi jadwal khatib Jumat yang ada kekosongan karena beliau sering mendobel berkali-kali sebagai khatib.

Acara dilanjutkan dengan tanggapan-tanggapan dari hadirin. Beberapa usulan dari tokoh yang hadir tersampaikan dan menjadi pembahasan bersama sehingga menghasilkan kebijakan yang baik.

Demikianlah pertemuan pembentukan kepengurusan GT QQ Kauman Karangwuni dan perencanaan program yang akan dimulai dalam waktu terdekat. Semoga Allah meridai dan memberikan kemudahan dalam dakwah masyarakat ini.

1 komentar untuk "PPTQ Qoryatul Qur’an Berkolaborasi dengan Tokoh Masyarakat Bentuk Kepengurusan Griya Tahfizh QQ Kauman Karangwuni"

  1. semoga banyak yang menysuul dengan program2 kebaikan kek gini yaa pak, aamiin. Ikut seneng kalo masih ada wilayah yang gencar untuk membumikan AlQuran gini

    BalasHapus