Muhammad Iyando, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz

Al-Qur’an adalah kitab suci yang dimuliakan oleh Allah ﷻ. Segala sesuatu yang terhubung dengannya, baik itu orang yang membacanya, menghafalnya, maupun yang mengamalkannya, akan turut dimuliakan.

Para penghafal Al-Qur’an (hafizh) menjadi sosok yang istimewa, tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat. Mereka membawa cahaya dari firman Allah ﷻ dan menyebarkannya melalui amal serta perilaku yang mencerminkan ajaran-Nya.

Salah satu santri yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz adalah Muhammad Iyando, yang akrab dipanggil Iyando. Santri kelas 12 Imtaq di MATQ Qoryatul Qur’an ini telah menuntaskan hafalan setelah berjuang selama 2 tahun 3 bulan.

Proses panjang itu akhirnya mencapai titik di mana Iyando bisa menyelesaikan setoran hafalan juz terakhirnya, yaitu Juz 25, pada Senin, 30 September 2024. Setoran hafalan tersebut disimak oleh Ustaz Rio Maryono di Komplek 05 Alasombo.

Muhammad Iyando
Muhammad Iyando

Iyando, yang berasal dari Sragen dan merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, pasangan Bapak Ahmad Posman Sinaga dan Ibu Sulastri. Pencapaian ini bukan hanya kemenangan pribadi, tetapi juga hadiah bagi keluarganya, khususnya kedua orang tua yang selalu memberikan dukungan penuh.

Iyando yang punya hobi memasak, bermain hadrah, dan tenis meja ini telah membuktikan bahwa ketekunan tak kenal menyerah akan berbuah hasil yang diharapkan, tentu dengan tetap meminta kemudahan pada Allah ﷻ.

Dalam kesan yang disampaikannya, Iyando mengungkapkan rasa syukur yang mendalam. “Alhamdulillah bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz, semoga bermanfaat dan berkah untuk pribadi dan keluarga,” katanya penuh harap.

Untuk teman-teman sesama santri, remaja kelahiran Sragen, 23 Januari 2006 ini memberikan pesan motivasi, “Tetap semangat dan teruslah berjuang karena setiap usaha kita akan mengalami kesulitan dan di setiap kesulitan pasti ada kemudahan.”

Pesan ini menjadi pengingat bahwa perjuangan menghafal Al-Qur’an membutuhkan keteguhan, dan Allah ﷻ pasti akan memberikan kemudahan di setiap tantangan yang dihadapi, ketika semua digantungkan kepada-Nya.

Dengan tuntasnya hafalan 30 juz ini, Iyando berharap ilmunya dapat membawa manfaat, tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk orang lain. Ia berkomitmen untuk terus menjaga hafalannya dan berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sembari mengejar cita-citanya untuk menjadi pengusaha yang sukses di masa depan.

Kontributor: Ustaz Muhammad Rifa'i

Posting Komentar untuk "Muhammad Iyando, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz"