Pembinaan Kepengasuhan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis bersama Ustazah Umi Lathifah: Meneladani Sosok Fatimah Az-Zahra

Kamis, 12 September 2024, sekitar pukul 16.15 hingga 17.15 WIB, para santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 (Niha'i) Matiq dan Imtaq mengikuti pembinaan kepengasuhan komplek Jetis Krajan, ditemani segenap asatizah komplek. Pemateri adalah Ustazah Umi Lathifah dari tim kepengasuhan pesantren.

Kegiatan pembinaan rutin ini dilaksanakan di ruangan Masjid Al Hikmah Jetis. Harapannya dengan pembinaan ini bisa menjadikan santriwati lebih baik dari hari ke hari. Menjadi sarana tim kepengasuhan pesantren untuk memasukkan nilai-nilai kebaikan ke dalam hati para santriwati.

Ustazah Umi Lathifah mengajak santriwati untuk meneladani sosok Sayyidah Fatimah Az-Zahra yg menjadi figur wanita sederhana. Terbiasa mendahulukan kepentingan orang lain dari pada dirinya. Bahkan rela berbuka dengan air putih saja demi orang yang lebih kurang mampu daripada dirinya.

Ustazah Umi
Ustazah Umi ajak santriwati meneladani Sayyidah Fatimah Az-Zahra

Lebih lanjut, Ustazah Umi mengatakan bahwa wanita yang paling mulia adalah wanita yang tidak pernah melihat laki-laki dan tidak pernah dilihat oleh laki-laki yang bukan mahram. Menjaga hati dan kesucian diri. Seperti sosok Sayyidah Fatimah, putri Rasulullah ini.

Keteladanan Sayyidah Fatimah Az-Zahra dalam kehidupan sehari-hari adalah selalu berbakti kepada orang tua, taat dan patuh kepada suami, seorang ibu teladan dan bertanggung jawab, cerdas, bertakwa kepada Allah dengan sebaik-baik takwa, zuhud, murah hati dan dermawan, memelihara rasa malu, selalu bersyukur, dan senantiasa bersabar dalam segala hal.

Ustazah Umi juga mengisahkan tentang wasiat Sayyidah Fatimah Az-Zahra menjelang kematiannya kepada sang suami, Ali bin Abi Thalib, ia ingin suaminya kelak menikah dengan Umamah binti Abul Ash ibn Rabi' yang merupakan putri kakaknya, Zainab.

Sayyidah Fatimah mengenal dekat Umamah yang sangat lembut, keibuan, dan sayang kepada anak-anak. Dalam keseharian pun Umamah sering terlibat mengasuh Hasan dan Husein. Sangat pantas Sayyidah Fatimah merasa tenang jika Umamah yang mendampingi anak-anaknya ketika ditinggal kelak.

Demikian kegiatan pembinaan pengasuhan komplek Jetis Krajan yang diikuti seluruh santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 Matiq dan Imtaq. Semoga bermanfaat untuk perbaikan kualitas diri para santri di sana.

Kontributor: Ustazah Ratry Fatmawati

Posting Komentar untuk "Pembinaan Kepengasuhan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis bersama Ustazah Umi Lathifah: Meneladani Sosok Fatimah Az-Zahra"