PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Kauman Gelar Peringatan Maulid Nabi: Momentum Pemuda untuk Aksi dan Inspirasi

Ahad, 15 September 2024. PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Kauman menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad ﷺ dengan mengangkat tema “Momentum Pemuda untuk Aksi dan Inspirasi”.

Acara yang dilaksanakan bakda Salat Isya ini dihadiri oleh Kepala Unit MATQ Qoryatul Qur’an Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I., M.P.I sekaligus Kepala Kepengasuhan Pesantren, bersama para asatiz Komplek Kauman, dan segenap santri putra unit MTs dan MA yang berasrama di Kauman.

Hanif Madani
Hanif Madani dan Fadhil Zaki Muttaqi membawakan acara peringatan Maulid Nabi di Komplek Kauman Jatingarang

Mewakili kepala komplek, Ustaz Bilal Ahmad Mubaroq, S.Pd dalam sambutan memulai dengan mengajak hadirin untuk melafalkan selawat untuk Rasulullah Muhammad ﷺ. Beliau lantas menyebutkan alasan mengadakan peringatan Maulid Nabi di antaranya adalah menunjukkan rasa gembira kita akan kelahiran Rasulullah ﷺ.

Sambutan Ustaz Bilal
Ustaz Bilal mengajak santri meneladani Rasulullah

Menurut Ustaz Bilal, Rasulullah diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak. Maka mengisi Maulid Nabi menjadi momentum pemuda untuk aksi dan inspirasi. Kita telah diberikan keteladanan beliau sebagai inspirasi dalam segala hal, dari perkara sepele sampai mengurus negara.

“Aktivitas kita di dunia ini akan menentukan kondisi kita kelak di akhirat,” kata Ustaz Bilal, “Maka carilah inspirasi dari kehidupan Rasulullah ﷺ sebagai uswatun khasanah. Akhlak beliau adalah Al-Qur’an.”

Acara diwarnai dengan penampilan tim hadrah santri PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Kauman yang melantunkan lagu-lagu pujian untuk Rasulullah dan selawat Nabi. Membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad ﷺ.

Tim hadrah
Tim hadrah santri putra

Adapun tim hadrah dipimpin oleh Muhammad Fakhri Nasrullah dan Adrian Adirajasa. Anggotanya Akbar Misbahuddin, Aziz Faqihuddin, Faiz asnan, Nuha, Firdausy Rahmat Syah, Bilal Sadali Putra, Mario, dan Ridho Akbar.

Acara malam hari ini menjadi ajang kreativitas santri dengan menampilkan berbagai potensi dan bakat dalam berbagai performa yang membanggakan. Dipandu oleh dua santri sebagai MC (master of ceremony) yakni Hanif Madani dan Fadhil Zaki Muttaqi menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Erifal Pratama
Erifal Pratama melantunkan tilawah Surat Al Fath ayat 28-29

Tilawah Al-Qur’an sebagai pembuka acara dilantunkan oleh Erifal Pratama yang membacakan Surat Al Fath ayat 28-29 yang berisi tentang berita diutusnya Muhammad sebagai Rasulullah yang membawa petunjuk dan agama yang hak.

Rifqi Atsal Amrulloh dan Muhammad Khoirul Wafa menampilkan khitabah bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Farrel dan Luthfi menampilkan khitabah bahasa Jawa dan bahasa Inggris.

Penampilan drama yang mengisahkan sahabat Umair bin Abi Waqash pada masa Rasululullah oleh tim di bawah penanggung jawab Ahsan dan Zaki, dengan para pemain Annaw, Amal, Ilyasa, Wegig, Ridho, Uwais, Nail, Royyan, Arya, Ichwan, Putra, dan Zidane.

Penampilan santri
Penampilan santri Kauman Jatingarang

Dan sebagai penampilan pamungkas adalah Nadzam Sirah Thoriqiyyah yang dipersembahkan oleh para santri kelas VII MTsTQ Qoryatul Qur’an. Mengingatkan kembali perjalanan kehidupan Rasulullah yang penuh keutamaan dan keberkahan.

Maulid Nabi
Suasana acara malam hari ini

Semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi para santri untuk menjadikan Rasulullah ﷺ sebagai inspirator kehidupan, yang menjadi suri teladan kebaikan dalam meraih rida Allah ﷻ. Aamiin.

Posting Komentar untuk "PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Kauman Gelar Peringatan Maulid Nabi: Momentum Pemuda untuk Aksi dan Inspirasi"