Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Komplek Babadan Luncurkan Brand Minna: “Dari Kami untuk Semua”

Babadan menjadi saksi peluncuran brand terbaru karya kreatif para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putri yang menawarkan beragam produk seperti makanan, minuman, teh, dan beraneka barang. Brand Minna resmi diperkenalkan.

Acara meriah dan penuh semangat yang dilaksanakan di komplek Babadan pada hari Jumat, 6 September 2024 sekira pukul 20.30 WIB ini dihadiri oleh asatizah komplek Babadan dan segenap mahasantri putri.

Minna adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa yang berarti “dari kami”. Dengan harapan kami (para mahasantri) dapat menebar manfaat ke semua kalangan. Hadir dengan visi untuk menyediakan aneka macam kuliner dan perlengkapan muslimah yang dibutuhkan mahasantriwati dan masyarakat sekitar dalam satu platform.

Brand ini tidak hanya fokus pada makanan dan minuman, tetapi juga menyediakan berbagai pilihan barang-barang kebutuhan, seperti buku saku, note book, akrilik, buket, kaos kaki, cadar, jilbab, dan ciput.

Brand Minna
Acara peluncuran brand Minna

Acara peluncuran brand Minna diawali dengan lantunan qiraatul Qur’an oleh mahasantri atas nama Fauziah. Dilanjutkan dengan sambutan oleh pengasuh komplek Babadan yaitu Ustaz Salman Al Farisi yang menyampaikan dukungan dan apresiasi atas kreativitas para mahasantri.

Sambutan kedua oleh Halimatus Sa'diyah selaku Ketua BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putri. Acara ini, menurutnya, merupakan bentuk ikhtiar dan kerja keras serta ide-ide inovatif mahasantriwati sehingga akhirnya dapat menggelar Minna launch event ini.

“Produk ini bukan hasil dari perkembangan zaman, akan tetapi produk ini adalah hasil produksi santri yang juga merupakan sebuah komitmen kami untuk memberikan yang terbaik untuk khalayak,” ungkapnya. “Dan ini adalah salah satu bukti dari kerja keras dan kolaborasi yang baik antar semua pihak.”

Beberapa penampilan mahasantri juga turut mewarnai acara malam hari ini. Diselingi menyerukan jargon “Minna Store: dari kami untuk semua!” yang dipandu oleh mahasantri yang bertugas sebagai MC, menambah keseruan acara.

Pelaksanaan launching produk bisnis Minna secara resmi oleh Mudir Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi L.c., M.H.I, yang juga merupakan Kepala Komplek Babadan. Ustaz Luthfi membacakan QS Al-Isra' : 84.

قُلْ كُلٌّ يَّعْمَلُ عَلٰى شَاكِلَتِهٖۗفَرَبُّكُمْ اَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ اَهْدٰى سَبِيْلًا

Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

Fokus kandungan makna ayat ini adalah setiap orang memiliki cara dan keadaan masing-masing dalam bertindak dan beramal. Ini mencerminkan keragaman dalam metode dan pendekatan individu terhadap kehidupan dan ibadah. Seseorang akan berkontribusi dengan kecenderungan masing-masing.

اِعْمَلُوْا، فَكُلٌّ مُيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ.

Beramallah kalian, karena setiap orang akan dimudahkan kepada apa yang dia diciptakan untuknya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Maknanya adalah, bahwa setiap individu akan dimudahkan untuk mencapai tujuan hidup dan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan sifat dan kemampuan mereka. 

Ustaz Luthfi kemudian memberi penjelasan mengenai empat peran manusia yang sering dibagi dalam konteks: peran kepemimpinan, peran pemikiran, peran finansial, dan peran profesionalitas.

Peran kepemimpinan merujuk pada kemampuan seseorang untuk memimpin dan mengarahkan orang lain menuju tujuan tertentu. Peran pemikiran berfokus pada kapasitas untuk berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Ini mencakup proses mental seperti menganalisis masalah, menyusun ide, dan mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan logis dan rasional.

Minna
Mudir Ma'had Aly Qoryatul Qur'an resmikan brand Minna

Peran finansial berkaitan dengan pengelolaan sumber daya keuangan individu atau organisasi. Peran profesionalitas merujuk pada sikap dan tindakan yang menunjukkan komitmen terhadap standar profesional dalam bidang tertentu. Ini melibatkan keterampilan khusus, perilaku yang sesuai, dan pemeliharaan reputasi profesional.

Keempat peran ini sering kali saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam kehidupan seseorang atau dalam konteks organisasi. Masing-masing peran memiliki kontribusi penting terhadap keseluruhan keberhasilan dan kesejahteraan baik pada tingkat pribadi maupun profesional. “Maka jadilah versi terbaik dalam peranmu,” pungkas Ustaz Luthfi lantas memimpin doa.

Pada akhir sesi setelah penutupan adalah pencicipan salah satu produk bisnis Minna yaitu Minna Tea dan tasyakuran makan bersama. Semoga Allah memberkahi semua aktivitas ini, sebagai ikhtiar memberi manfaat untuk sesama.

Kontributor: Ustazah Almar' Atush Sholihah

Posting Komentar untuk "Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Komplek Babadan Luncurkan Brand Minna: “Dari Kami untuk Semua”"