Pembinaan Kepengasuhan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis bersama Ustazah Niken Susilowati: Keutamaan Menuntut Ilmu

Selasa, 3 September 2024, sekitar pukul 16.15 hingga 17.15 WIB, para santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 Matiq dan Imtaq mengikuti pembinaan kepengasuhan komplek Jetis Krajan, ditemani segenap asatizah komplek. Pemateri adalah Ustazah Niken Susilowati, S.Pd.I dari tim kepengasuhan pesantren.

Kegiatan pembinaan rutin ini dilaksanakan di ruangan Masjid Al Hikmah Jetis. Harapannya dengan pembinaan ini bisa menjadikan santriwati lebih baik dari hari ke hari. Menjadi sarana tim kepengasuhan pesantren untuk memasukkan nilai-nilai kebaikan ke dalam hati para santriwati.

Ustazah Niken Susilowati mengajak santriwati untuk meneladani kisah shahabiyah yakni Ummu Hisyam binti Haritsah dalam semangatnya menuntut ilmu. Ummu Hisyam binti Haritsah hidup pada zaman Rasulullah ﷺ, yang bertempat tinggal dekat dengan beliau, bahkan memiliki satu penerangan dengan tempat tinggal Rasulullah ﷺ.

Semangat menuntut ilmu
Ustazah Niken mengajak santri meneladani Unmu Hisyam binti Haritsah dalam semangat menuntut ilmu

Ustazah Niken lantas menyampaikan tentang keutamaan menuntut ilmu, sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah ﷺ. Di antaranya adalah penuntut ilmu ditinggikan derajatnya oleh Allah, maka berbahagialah bagi santri yang menuntut ilmu karena menjadi jalan kalian menuju surga.

Orang yang menuntut ilmu akan didoakan oleh malaikat. Malaikat membentangkan sayapnya untuk menaungi penuntut ilmu sebagai tanda rida atas ilmu yang dicari. Selain itu juga didoakan dan dimintakan ampun oleh makhluk langit dan bumi.

Ahlul ilmu dibandingkan dengan ahlul ibadah, diumpamakan seperti bulan purnama dengan bintang di langit. Kita lihat di langit malam banyak sekali bintang. Ketika ada satu bulan purnama di sana maka cahayanya akan mengalahkan sinar bintang yang banyak itu. Seperti itulah ahlul ilmu dan ahlul ibadah.

Sebagai catatan tambahan, bahwa kaidah ilmu itu didatangi bukan mendatangi. Maka bersyukurlah kita, di zaman sekarang banyak sekolah yang menyediakan guru, dan murid tidak perlu pergi jauh hanya untuk menemui sang guru.

Demikian kegiatan pembinaan pengasuhan komplek Jetis Krajan yang diikuti seluruh santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 Matiq dan Imtaq. Semoga bermanfaat untuk perbaikan kualitas diri para santri di sana.

Kontributor: Ustazah Ratry Fatmawati

2 komentar untuk "Pembinaan Kepengasuhan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis bersama Ustazah Niken Susilowati: Keutamaan Menuntut Ilmu"

  1. Berarti memang harus mendatangi ilmu ya pak, masyaallah..

    BalasHapus
  2. Masya Allah keutamaan menuntut ilmu itu memang mulia ya. Dari seorang guru kita banyak mendapatkan pelajaran yang bisa menuntun kita mempelajari agama. Menjadikan diri lebih baik.

    BalasHapus