Gerakan Aksi Bergizi Serentak bersama Puskesmas Weru di PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Pucung

Puskesmas Weru melaksanakan kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Serentak 2024 di PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Pucung, pada hari Jumat, 6 September 2024, dari pukul 07.30 hingga 10.00 WIB.

Program Gerakan Aksi Bergizi Serentak 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku peserta didik di sekolah-sekolah tentang pentingnya sarapan sehat, minum tablet tambah darah, dan melaksanakan kegiatan fisik, serta edukasi kesehatan dan gizi secara rutin.

Kegiatan bersama petugas Puskesmas Weru bagian pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini diikuti segenap santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 1 dan 2 didampingi para ustazah komplek, diawali dengan senam pagi dan sarapan bergizi bersama-sama.

Gerakan Aksi Bergizi Serentak 2024
Gerakan Aksi Bergizi Serentak 2024 di PPTQ Qoryatul Qur'an Pucung

Petugas puskesmas yang bertugas sebagai pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat kecamatan memiliki peran penting dalam penyelenggaraan UKS, atau kalau di PPTQ Qoryatul Qur’an disebut Unit Kegiatan Pesantren (UKP).

Pada kesempatan kegiatan pagi ini, Ibu Widyastuti, salah satu petugas, mensosialisasikan pengenalan penting tentang anemia dan pentingnya mengkonsumsi pil atau tablet tambah darah bagi remaja putri.

“Tanda-tanda umum orang yang terkena anemia yaitu kepala pusing, wajah pucat, gampang lemas, dan telapak tangan terlihat putih atau pucat,” kata Ibu Widyastuti.

Petugas lainnya, Ibu Septi mengatakan bahwa salah satu tujuan penting remaja putri harus minum obat tambah darah adalah untuk mencegah terjadinya stunting atau gagal tumbuh dan berkembang dan bertumbuh tidak sesuai dengan usianya.

Selain itu, tentu saja minum obat tambah darah berfungsi mencegah terjadinya anemia, khususnya pada santri putri, karena kodrat kaum hawa setiap bulannya mengalami haid atau menstruasi.

Puskesmas Weru
Petugas Puskesmas Weru edukasi santri tentang gejala anemia

Cara mencegah anemia selain dengan minum obat pil tambah darah, juga bisa dengan olahraga, makan gizi seimbang, mengonsumsi buah, sayur dan lain sebagainya.

Meminum pil tambah darah bisa menggunakan air putih atau buah pisang, tetapi tidak diperbolehkan untuk minum pil tambah darah dengan air es, susu, dan air soda. Untuk minum susu bisa diberi jarak kurang lebih 30 menit setelah minum pil tersebut.

Cara agar menstruasi lancar dan teratur setiap bulannya yaitu dengan memperbanyak makan sayur, mengurangi makan makanan yang banyak mengandung pengawet, begitu pun juga agar bisa mengurangi makan makanan cepat saji atau junk food.

Apa bedanya pil tambah darah yang besar dan yang kecil? Sebenarnya besar atau kecil pil dan tablet tambah darah itu sama saja isi kandungan yang ada. Bukan berarti pil tambah darah yang bentuknya besar memiliki kandungan yang lebih banyak.

Banyak pil tambah darah dikemas kecil karena juga dikonsumsi oleh ibu hamil setiap harinya, sehingga agar lebih menarik dan tidak merasa mual ketika meminumnya gara-gara kebesaran ukuran saat ditelan.

Darah haid atau menstruasi bewarna hitam karena terjadinya penumpukan di dalam rahim. Rahim terasa sakit ketika menstruasi disebabkan untuk mengeluarkan darah kotor yang di dalam rahim itu dibutuhkan kontraksi.

Kontributor: Ustazah Alfiyah Ma'rifatul

Posting Komentar untuk "Gerakan Aksi Bergizi Serentak bersama Puskesmas Weru di PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Pucung"