Sosialisasi Kencleng Sedekah Jariyah QQ Peduli kepada Santri Kelas 1 MTsTQ dan MATQ Qoryatul Qur’an

Jumat pagi sampai siang, 30 Agustus 2024. Tim QQ Peduli melaksanakan sosialisasi program Kencleng Sedekah Jariyah (KSJ) untuk para santri kelas 1 baik dari unit pendidikan MTsTQ dan MATQ Qoryatul Qur’an yang berasrama di komplek Asemlegi Gabeng, Pucung, dan Kauman.

Tim yang berkeliling sosialisasi ke komplek-komplek ini dipimpin langsung oleh koordinator QQ Peduli Ustaz Adi Prayogo, M.Pd. Ditemani Ustaz Aldi Hermawan dan Pak Wakhid Syamsudin.

KSJ adalah program partisipasi sedekah jariyah dalam mendukung kegiatan dakwah dan sosial masyarakat melalui QQ Peduli. Proses pengumpulan dana menggunakan sarana berupa kaleng atau kencleng infak yang bisa diisi kapan saja berapa pun.

QQ Peduli
Sosialisasi Kencleng Sedekah Jariyah oleh tim QQ Peduli

Teknisnya, kencleng bersama surat pemberitahuan resmi dititipkan pada santri saat perpulangan untuk diserahkan kepada orang tua. Kemudian pada perpulangan bulan selanjutnya, isi kencleng dibawa dan dikumpulkan saat santri kembali ke pesantren.

Program KSJ ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan wali santri bersedekah dalam rangka turut menyukseskan 7 program peduli yang diusung oleh QQ Peduli, yaitu Peduli Qur’an, Peduli Dakwah, Peduli Bencana, Peduli Fakir Miskin, Peduli Saudara Muslim, Orang Tua Asuh, dan Ambulans.

Sosialisasi Kencleng
Sosialisasi KSJ di komplek Gabeng

Peduli Qur’an adalah dengan menyediakan wakaf Al-Qur’an bagi yang membutuhkan dan menghapus buta huruf Al-Qur’an di masyarakat. Peduli Dakwah dengan mendukung program dakwah pesantren hingga kegiatan dakwah masyarakat pedalaman.

Peduli Bencana adalah bentuk kepedulian pada saat terjadinya bencana yang menimpa khususnya di kisaran Weru. Di antaranya musibah berupa bencana kekeringan, banjir, kebakaran, gempa bumi, dan sebagainya.

Sosialisasi Kencleng
Sosialisasi KSJ di komplek Pucung

Kemudian Peduli Fakir Miskin melalui santunan rutin kepada keluarga penerima manfaat yang telah melewati survey oleh tim. Baik dari kalangan duafa maupun penyandang disabilitas, yang tinggal di area Kecamatan Weru dan sekitarnya.

Lalu, program Peduli Saudara Muslim, terutama di luar negeri yang sedang dilanda bencana kemanusiaan seperti di Palestina, Rohingnya, Uighur, dan sebagainya. Meski pun dengan kemampuan QQ Peduli yang masih terbatas.

Program Orang Tua Asuh terutama untuk santri yang mondok di PPTQ Qoryatul Qur’an dengan kondisi ekonomi kurang mampu. QQ Peduli menyalurkan donasi dari para muhsinin untuk membantu biaya pendidikan santri tersebut.

Sosialisasi Kencleng
Sosialisasi KSJ di komplek Kauman

Terakhir, kepedulian PPTQ Qoryatul Qur’an pada masyarakat dengan menyediakan layanan ambulans QQ Peduli. Agar layanan maksimal, tentu butuh perawatan servis berkala armada ambulans tersebut dan operasional harian seperti pembelian bahan bakar.

Sosialisasi terlaksana dengan lancar. Ustaz Adi Prayogo dan Ustaz Aldi Hermawan bergantian menyampaikan informasi terkait program Kencleng Sedekah Jariyah sehingga santri memahaminya. Semoga Allah memberkahi kegiatan pesantren ini, aamiin.

Posting Komentar untuk "Sosialisasi Kencleng Sedekah Jariyah QQ Peduli kepada Santri Kelas 1 MTsTQ dan MATQ Qoryatul Qur’an"