Semarak Kemerdekaan Indonesia ke-79 PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Pucung Berlangsung Meriah

PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Pucung tak mau ketinggalan dalam menyemarakkan peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Kegiatan di komplek para santri unit MA kelas 10 dan 11 ini berlangsung Jumat sampai Sabtu, 16-17 Agustus 2024.

HUT RI
Santri Pucung rayakan HUT RI ke-79

Kegiatan ini diikuti seluruh asatizah komplek Pucung, guru madrasah tingkat MA, dan seluruh santriwati kelas 10 dan 11 tingkat MA. Rangkaian kegiatannya adalah jalan sehat 7000 langkah, khataman Qur’an, apel kemerdekaan, dan bermacam lomba 17-an.

Semarak Kegiatan HUT RI Komplek Pucung

Jalan sehat 7000 langkah

Acara pertama dalam rangkaian kegiatan Semarak Kemerdekaan Indonesia ke-79 ini dimulai dengan jalan sehat yang dimulai dari pukul 07.00 sampai 10.30 WIB pada hari Jumat 16 Agustus 2024. Dengan start dan finis di halaman pendapa komplek Pucung.

Ada pun rute jalan sehat dari pendapa ke arah timur, kemudian belok ke arah selatan. Sampai di pertigaan Musala As Sajdah, peserta jalan sehat berjalan ke arah timur, sampai ke perempatan setelah pemakaman Ngijo. Dari perempatan tersebut, rombongan terus mengikuti jalan hingga melewati depan Pesantren Al Ukhuwah Weru.

Jalan sehat
Jalan sehat sejauh 7000 langkah

Para santri di pesantren Al Ukhuwah dan masyarakat yang dilewati peserta jalan sehat menyambut baik rombongan ini dan ikut merasakan antusias. Sebelum sampai finis, peserta jalan sehat transit di lapangan Ngentak, Weru untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati komplek Babadan, komplek Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putri. Dan terus melanjutkan perjalanan hingga kembali tiba di halaman pendapa komple Pucung. Panjang rute yang dilalui pada jalan sehat ini kurang lebih sepanjang 7000 langkah.

Khataman Al-Qur’an

Jumat malam, 16 Agustus 2024, komplek Pucung mengadakan acara Khataman Al-Qur’an yang diselenggarakan dari bagian ketahfizhan komplek. Acara ini dimulai setelah Salat Isya, dengan diikuti seluruh santriwati komplek Pucung yang didampingi oleh asatizah. Pelaksanaannya di Masjid Al Muttaqin Pucung sampai pukul 20.30 WIB.

Khataman
Khataman santri Pucung

Apel kemerdekaan

Apel kemerdekaan dimulai pukul 07.00 WIB, bertempat di halaman Masjid Al Muttaqin Pucung. Diikuti oleh seluruh santriwati, asatizah komplek dan madrasah. Apel diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan visi misi, pembacaan janji santri, amanat dan doa dari pembina. Kegiatan apel ditutup pukul 07.55 WIB dan dilanjutkan dengan foto bersama asatizah dan santriwati.

Pembina apel oleh Kepala Komplek Pucung Ustaz Nasrudin. Poin yang disampaikan di antaranya adalah bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan karunia besar yang diturunkan oleh Allah. Atas berkah rahmat Allah Yang Maha Kuasa, sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Sebagai generasi penerus, kita patut merasa bangga. Mengingat bahwa ini hadiah dari Allah dan nenek moyang kita. Atas dasar itu, perlunya kita untuk tetap menjaga kemerdekaan Indonesia, dengan menjalankan aktivitas yang mendatangkan rahmat Allah. Harapannya, keberkahan terus turun dan senantiasa menaungi negeri kita.

Apel kemerdekaan
Apel kemerdekaan di komplek Pucung

Bagaimana caranya? Di antaranya adalah dengan kita beramal sesuai dengan apa yang telah menjadi tuntunan Allah. Hal ini sesuai dengan isi Al-Qur’an Surat Al A'raf ayat 96, “Seandainya seluruh penduduk negeri itu beriman, maka akan Allah bukakan pintu-pintu keberkahan dari langit dan bumi.”

Di antara tugas kita sebagai muslimah adalah, dengan terus menutup aurat di mana pun dan bagaimana pun kondisinya. Sebagaimana yang dituntunkan dan dicontohkan para pendahulu kita.

Lomba 17-an

Semarak kegiatan kemerdekaan diisi juga dengan keseruan lomba-lomba 17-an. Di antara lomba yang ditandingkan adalah estafet air, estafet tepung, si klieng menabung air, dan lomba yel-yel. Lokasi pelaksanaan lomba ini di lapangan Ngentak, Weru.

Santri
Semarak lomba 17-an

Lomba 17-an ini dimulai dari pukul 09.30 sampai jam 12.00 WIB, dengan diikuti oleh 9 grup santriwati dan dikomandoi oleh seluruh asatizah komplek Pucung. Lomba berlangsung seru dan seluruh peserta merasakan keceriaan dalam kebersamaan.

Reporter: Ustazah Rillia

Posting Komentar untuk "Semarak Kemerdekaan Indonesia ke-79 PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Pucung Berlangsung Meriah"