Apel Pagi MTsTQ Qoryatul Qur’an Putra, Morning Spirit bersama Ustaz Rizal Habib: Sebaik-baik Kita yang Belajar dan Mengajarkan Al-Qur’an

Rabu, 7 Agustus 2024. Seluruh santri kelas 2 dan 3 MTsTQ Qoryatul Qur’an putra komplek Kauman 02 mengawali hari dengan mengikuti kegiatan apel pagi dan morning spirit pekanan. Kali ini bersama pengasuh komplek Ustaz Rizal Habib, S.Pd. yang didampingi segenap asatiz komplek.

Ustaz Habib memulai nasihatnya dengan mengajak seluruh santri agar selalu mengucapkan syukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah ﷻ berikan, terutama nikmat telah dipilih Allah ﷻ menjadi bagian dari penghafal Al-Qur’an.

Ustaz Rizal Habib QQ
Apel pagi MTsTQ Qoryatul Qur'an bersama Ustaz Rizal Habib

Membuka morning spirit, beliau membacakan salah satu hadis yang sangat populer, untuk menjadi motivasi bagi para santri dalam menuntut ilmu di pesantren. Santri pun sudah sangat hafal dengan hadis ini.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Khoirukum man ta’allamal qur’aana wa’allamahu

Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR Bukhori)

Ustaz Habib menasihatkan untuk predikat ini harus disyukuri dan dijaga, bukan hanya ketika masih menjadi santri di pesantren. Bahkan tetap harus dijaga ketika sudah lulus dari pesantren. Para santri harus tetap berpegang teguh dengan Al-Qur’an agar tetap termasuk dari golongan yang mulia.

Ustaz mengatakan bahwa kelak, di masa yang akan datang, setelah lulus, para santri belum tentu akan terus berada di tengah-tengah pesantren yang akan terjamin waktunya bersama Al-Qur’an. Bisa jadi akan lebih banyak yang terjun ke tengah masyarakat umum.

Bahkan Ustaz Rizal Habib mengatakan, bisa jadi dari para santri nantinya akan ada yang menjadi pemimpin di tengah masyarakat, misalnya menjadi kepala desa, tak mustahil juga bisa jadi akan menjadi Presiden Republik ini.

Untuk itu, Ustaz mengingatkan bahwa menjadi golongan yang mulia bukanlah karena harta yang dimiliki, bukan pula dari jabatan yang disandang. Akan tetapi, mereka akan tetap mulia apabila istikamah berpegang teguh dalam belajar dan mengajarkan Al-Qur’an.

Akhirnya, semoga kegiatan ini membawa manfaat dan berkah untuk semuanya. Menjadi motivasi penambah suntikan semangat bagi para santri dalam belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kelak. Semoga Allah ﷻ selalu membimbing kita semua. Aamiin.

1 komentar untuk "Apel Pagi MTsTQ Qoryatul Qur’an Putra, Morning Spirit bersama Ustaz Rizal Habib: Sebaik-baik Kita yang Belajar dan Mengajarkan Al-Qur’an"

  1. Merinding waktu baca kalimat, "berpegang teguh dalam belajar dan mengajarkan Al-Qur’an."
    Semoga menjadi pengingat bagi kita semua

    BalasHapus