Tingkatkan Mutu Layanan Pembayaran, Qoryatul Qur’an Jajaki Kerja Sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Area Wonogiri Sukoharjo

Kamis, 8 Agustus 2024. Sekira pukul 10.00 WIB, PPTQ Qoryatul Qur’an kedatangan tamu dari PT. Pos Indonesia cabang area Wonogiri-Sukoharjo. Tamu diterima langsung oleh Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I di Kantor Komplek Asemlegi Gabeng lantai 2.

Turut hadir jajaran direktorat dalam pertemuan ini, yakni Ustaz Hartanto, S.Pd.I, Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H, Ustaz Faris Ahmad, Lc., M.Pd, Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I., M.P.I, dan Ustaz Bambang Wahyudi, SE.

Tim dari PT. Pos Indonesia terdiri dari Executive Manager Ibu Nur Arif Febriyanti, Spv Ritel dan Kemitraan Bapak Heru Erwanto, Spv Jasa Keuangan Ibu Tri Septi Handayani, dan Branch Manager KCP Jatipurno Bapak Dwi Suryanto.

Adapun tujuan kehadiran tim dari PT. Pos Indonesia adalah untuk sosialisasi program layanan pos yang sekiranya berpotensi bagus untuk bisa dimanfaatkan dalam peningkatan layanan pesantren, terutama mengakomodir dalam hal layanan pembayaran.

Program pertama yang disosialisasikan adalah Pospay, yang merupakan sebuah layanan pembayaran terpadu yang diluncurkan oleh Pos Indonesia. Berbagai transaksi keuangan akan berjalan dengan lebih mudah dan lancar dengan menggunakan layanan yang satu ini.

Silaturahmi
Pertemuan direktorat PPTQ Qoryatul Qur'an dengan tim dari PT. Pos Indonesia

Bisa dibilang, aplikasi Pospay adalah bukti keseriusan PT. Pos Indonesia untuk melakukan transformasi dari sistem konvensional menjadi sistem digital untuk menjawab tantangan zaman. Melalui layanan ini, pesantren bisa mengelola pembayaran syahriyah santri dan biaya pendidikan lainnya.

Lembaga pendidikan termasuk pesantren juga berpeluang menjadi Agen Pos yang merupakan pola kemitraan dalam rangka pengembangan partnership sales, yang bisa dikembangkan untuk membantu pemberdayaan sektor ekonomi pesantren.

Kerja sama dengan PT. Pos Indonesia, pesantren bisa membuka layanan tabungan santri yang dilayani oleh petugas pos melalui layanan Batara Pos. Layanan ini dapat mengingatkan lagi kesadaran generasi muda untuk memulai kembali belajar berhemat dan menabung untuk masa depan.

Mengakomodir banyaknya program dari PPTQ Qoryatul Qur’an, PT. Pos Indonesia bisa memfasilitasi pembuatan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yakni standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS sangat bermanfaat untuk program seperti QQ Peduli saat open donasi untuk sosial dan dakwah, untuk pembayaran biaya pendidikan santri, program orang tua asuh, partisipasi pembangunan pesantren, hingga sarana donasi infak di masjid.

Lembaga pesantren juga bisa menggunakan layanan Pospay Gold, yang merupakan layanan dan wadah perdagangan emas digital untuk memperkuat pengembangan ekosistem digital ekonomi syariah.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan kerja sama ini, selain kemudahan dalam urusan pembayaran adalah sistem syariah bebas riba. Juga sedang dikaji adalah layanan pos berupa BPJS Ketenagakerjaan melalui lembaga, yang bisa memberi kebermanfaatan bagi SDM pesantren.

Santap siang
Santap siang usai berdiskusi panjang lebar

Perbincangan tentang kemungkinan kolaborasi antara PPTQ Qoryatul Qur’an dengan PT. Pos Indonesia ini berlangsung hingga pukul 13.00 WIB. Beberapa poin menjadi bahan pertimbangan pesantren untuk ditindaklanjuti. Penjajakan kerja sama yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi peningkatan mutu layanan pembayaran di pesantren ke depannya.

Kontributor: Ustaz Bambang Wahyudi, SE

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Mutu Layanan Pembayaran, Qoryatul Qur’an Jajaki Kerja Sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Area Wonogiri Sukoharjo"