Kemeriahan Lomba Agustusan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Krajan Peringati HUT RI ke-79

Menyambut HUT RI yang ke-79, PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Jetis Krajan menyelenggarakan bermacam kegiatan. Kegiatan itu di antaranya adalah Khataman Al-Qur’an, upacara 17 Agustus, pembentukan kelompok dan membuat yel-yel, serta mengadakan lomba-lomba khas Agustusan.

QQ Jetis
Semangat HUT RI 79 QQ Jetis Krajan

Lomba yang dilaksanakan setelah selesai upacara 17 Agustus 2024 yang pertama adalah kuis Rangking 1 dengan soal seputar PPTQ Qoryatul Qur’an, sejarah Islam, Al-Qur’an, dan pengetahuan umum. Kuis ini bermanfaat untuk meningkatkan keilmuan peserta.

Lomba Agustusan
Lomba-lomba seru

Lomba selanjutnya adalah memasukkan sedotan ke dalam botol, dengan aturan main peserta membawa sedotan dengan mengapitnya antara hidung dan mulut kemudian memasukkan ke dalam botol. Lomba ini melatih ketangkasan sekaligus menghibur penonton karena muka peserta terlihat lucu.

Nobar
Acara nobar kegiatan komplek

Setelah itu, santri mengikuti lomba estafet hanger. Aturan mainnya, peserta membawa hanger dengan rafia yang dikalungkan. Perlombaan ini bisa untuk melatih konsentrasi dan kesabaran peserta.

Kemudian ada juga lomba lempar balon berisi air dengan menggunakan sarung. Lomba ini bagus untuk melatih kekompakan dan kesabaran. Lalu lomba lempar air, aturannya peserta melemparkan plastik berisi air dengan estafet. Lomba ini membangun rasa kepercayaan sesama teman sekelompok.

Hadiah lomba
Mendapat hadiah lomba 17-an

Malam harinya, digelar acara nobar (nonton bareng) video tentang hijab dan video proses pemindahan gazebo komplek Asemlegi Gabeng oleh para mahasantri dengan cara diangkat bersama. Juga memutar video dan foto kegiatan yang pernah dilaksanakan di komplek Jetis ini. Kemudian pembagian hadiah lomba.

Keesokan harinya, Ahad, 18 Agustus 2024 seluruh penghuni komplek Jetis mengikuti jalan sehat bersama warga. Titik awal dari lapangan voli kemudian keliling melewati Dukuh Sangen lalu kembali lagi ke Dukuh Jetis. Acara dilanjutkan makan bersama dan pembagian doorprize. Acara ini kian mempererat ukhuwah dengan warga.

Jalan sehat
Jalan sehat bersama warga Jetis

Ustaz Imam Yoga Susilo menyampaikan nasihat selaku kepala komplek, agar kita sebagai manusia jangan sering mengeluh. Banyak orang yang lebih lelah dari kita, dan lebih besar perjuangannya dibandingkan kita. Dalam bertakwa kita diperintah untuk memaksimalkan kesanggupan atau mastatho'tum.

Semoga semarak 17 Agustusan ini memberikan semangat kepada para santri di komplek Jetis dan umumnya segenap santri PPTQ Qoryatul Qur’an untuk mencintai tanah air dengan belajar lebih giat agar kelak bisa membangun negeri ini dengan kebaikan.

Kontributor: Ustazah Nafi Aritamala

Posting Komentar untuk "Kemeriahan Lomba Agustusan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Krajan Peringati HUT RI ke-79"