PPTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Latihan Bersama Lomba Memanah dan Berkuda di Ponpes Salman Al Farisi Karangpandan

Pondok Pesantren Islam Salman Al Farisi yang berlokasi di Karangpandan, Karanganyar, menyelenggarakan Musabaqah Silaturahmi dan Lomba antar Pondok Pesantren se-Solo Raya. Acaranya berupa latihan bersama (latber) dan lomba furusiah.

Kegiatan furusiah ini dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Agustus 2024 dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Sekaligus menjadi sarana silaturahmi beberapa pondok pesantren yang ada di Solo Raya ini.

Pada kesempatan ini, PPTQ Qoryatul Qur’an turut memeriahkan dengan mengirim utusan mengikuti kegiatan tersebut. Berangkat ke acara ini, Ustaz Aldi Maulana bersama salah satu santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas 10 Matiq bernama Kamil Qidsi Qoyyim.

Kamil Qidsi Qoyyim
Kamil Qidsi Qoyyim

Kamil adalah santri yang berasal dari Wonogiri, putra dari Bapak Tri Gunanto dan ibu Indiyah Nur Wahyuni. Merupakan salah satu santri yang memiliki minat dan bakat furusiah menonjol dibanding santri lainnya.

Kegiatan furusiah yang dilombakan adalah memanah dan panahan berkuda (horseback archery, disingkat HBA). Peserta menunjukkan keahlian menunggangi, mengendarai, melompat atau berlari dengan menggunakan kuda.

Kamil QQ
Aksi Kamil di atas kuda

Panahan berkuda atau horseback archery (HBA) menggabungkan dua cabang olahraga sekaligus, yaitu memanah dan berkuda. Tentu bukan asal menunggang kuda dan memanah sasaran, karena asal-asalan akan membahayakan keselamatan.

Ketika berada di lintasan, saat memanah sambil berkuda, peserta harus lepas dari pegangan, maka harus bisa menyeimbangkan diri sekaligus fokus menembak sasaran. Bahkan ada juga yang sesekali berdiri atau tidak duduk saat memanah.

Peserta yang semua adalah santri dari pondok pesantren ini menunjukkan kepiawaian masing-masing dalam berkuda dan memanah. Keahlian yang dimiliki ini tentu berkat ketekunan ketika berlatih dan sikap pantang menyerah.

Lomba kuda
Lomba diikuti dari berbagai pesantren

Ustaz Muhammad Iqbal Azhar, Lc, selaku panitia dari Pondok Pesantren Islam Salman Al Farisi mengingatkan kepada seluruh peserta lomba agar meluruskan niat ketika hendak memanah dan berkuda, karena niat mempengaruhi hasil akhir yang akan didapat.

Meski belum berhasil menyabet juara dalam event ini, PPTQ Qoryatul Qur’an bersyukur bisa turut berpartisipasi memeriahkan lomba. Ini sekaligus menjadi sarana latihan bagi santri dan menambah pengalaman dalam satu perlombaan. Semangat!

Kontributor: Ustaz Aldi Maulana

Posting Komentar untuk "PPTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Latihan Bersama Lomba Memanah dan Berkuda di Ponpes Salman Al Farisi Karangpandan"