PPTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Kemah Santri Ponpes se-Kabupaten Sukoharjo di Buper Al Amin Karanganyar

Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Sukoharjo menggelar kegiatan Kemah Santri Pondok Pesantren se-Kabupaten Sukoharjo Tahun 2024 di Bumi Perkemahan Al Amin, Dukuh Tambak, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan hasil rapat koordinasi FKPP Sukoharjo yang dilaksanakan di PPTQ Al Ikhlas Mojolaban pada 7 Mei 2024 lalu. Sebagai salah satu rangkaian dalam menyambut perayaan Hari Santri Nasional yang akan jatuh pada 22 Oktober 2024 mendatang.

Kemah Santri
Kemah Santri FKPP Sukoharjo

Kemah Santri dilaksanakan selama 2 hari, yakni Rabu-Kamis, 28-29 Agustus 2024. Di antara tujuan kegiatan ini adalah untuk merekatkan ukhuwah Islamiyah antar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

PPTQ Qoryatul Qur’an mengutus Ustaz Ahmad Bilal Mubaroq dan Ustaz Muhammad Rifai menemani 6 santri unit MA kelas 3 (Nihai) dari komplek Alasombo mengikuti kegiatan kemah bersama antar pesantren ini. Keenamnya adalah Hafiz Bryan, Ridwan Muzayyin, Fahrurozi Sahlan, Ilham Aminudin, Hanan Khoirudin, dan M Aqil Siroj.

Foto santri QQ
Para santri QQ yang mengikuti kemah di Al Amin

Beberapa pondok yang terlihat ikut dalam kegiatan kemah ini di antaranya adalah Ponpes Baitul Hikmah, Tarbiyatul Ummah, El Dzikru, Al Amin, Darul Fithrah, Al Falah, As Salam, Al Mukmin, dan lainnya.

Acara yang dilaksanakan di antaranya adalah pembinaan, pentas seni, dan out bond. Salah satu yang disampaikan narasumber saat pembinaan adalah, bahwa kunci dari bahagia itu bersyukur, apapun yang kita miliki seberapa banyak pun atau sedikit pun yang kita miliki jika kita bersyukur maka hidup akan terasa bahagia.

Tentang konsep ilmu dengan membaca, menghafal, memahami, mengamalkan, analisis, dan karya. Untuk mendapatkan ilmu harus memenuhi yakni sungguh-sungguh, disiplin, jujur, kerja keras, dan sabar.

Kegiatan bersama
Kegiatan bersama para santri

Acara pentas seni pada malam hari, PPTQ Qoryatul Qur’an menampilkan darma puisi dengan judul Debu dan Darah Palestina. Esok harinya dilaksanakan kegiatan senam pagi dilanjutkan outbond menuju Telaga Madirda.

Santri QQ
Santri PPTQ Qoryatul Qur'an

Telaga Madirda merupakan sebuah obyek wisata alam berupa telaga alami, yang terletak di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Semoga seluruh kegiatan Kemah Santri mendatangkan keberkahan untuk seluruh pesantren yang mengikuti.

Kontributor: Ustaz Ahmad Bilal Mubaroq dan Ustaz Muhammad Rifai

1 komentar untuk "PPTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Kemah Santri Ponpes se-Kabupaten Sukoharjo di Buper Al Amin Karanganyar"

  1. MasyaAllah seru pwol ini kayaknya acaranyaaaa. kalo ada di Malang pengen ikutan juga hihi.. dari namanya aja bagus bett yak. qoryah AlQuran

    BalasHapus