BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Gelar Semarak Peringatan HUT RI ke-79 Diikuti Santri Ta'jil dan Mahasantri Putra di Komplek Jonggring Saloka

Semangat menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79 terus ditunjukkan dengan penuh antusias oleh para santri unit MA program Ta'jil dan segenap mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an yang tinggal bersama di komplek Jonggring Saloka. 

Beberapa rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-79 ini dilaksanakan mulai hari Selasa hingga Sabtu, 13-17 Agustus 2024. Diantara kegiatannya adalah perlombaan, long march, dan upacara pengibaran bendera merah-putih.

Kegiatan hari Selasa, 13 Agustus 2024 cukup padat dengan beraneka macam lomba. Ada lomba mini soccer, lomba estafet sedotan, lomba jembatan bambu, lomba lubang buaya, lomba ketuk kehormatan, lomba bambu oleng, lomba voli, dan lomba tenis meja.

Lanjut kegiatan hari Rabu, 14 Agustus 2024 dengan lomba rangking satu, lomba kugruk, lomba susun piramida, lomba tarik tambang, dan lomba balap karung. Hari Kamis, 15 Agustus 2024 dilaksanakan long march dan berenang ke objek wisata alam Batu Seribu Bulu, Sukoharjo.

Santri JS
Santri Ta'jil dan mahasantri putra mengibarkan sang saka sebagai tanda syukur atas kemerdekaan

Pada hari Jumat, 16 Agustus 2024 latihan dan gladi bersih upacara memperingati HUT RI ke-79. Dan keesokan harinya upacara tersebut dilaksanakan tepat pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024 yang merupakan hari istimewa bagi bangsa Indonesia.

Usai upacara, masih ada agenda lomba yang dilanjutkan yakni final lomba voli, lomba estafet air, lomba berburu jeruk, lomba cari koin, dan diakhiri dengan lomba perang air.

Pada awal pembukaan kegiatan semarak HUT RI ke 79, Mudir Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I memberikan pesan kepada santri dan mahasantri agar senantiasa menjaga niat, percuma jika kita menang fisik tapi kalah di hati.

Panitia dari seluruh kegiatan perlombaan ini adalah Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma’had Aly Qoryatul Qur’an. Menurut Wildan selaku ketua pelaksana, seluruh perlombaan diikuti oleh santri unit MA program Ta'jil dan mahasantri putra yang berjumlah 39 peserta.

“Dari keseluruhan peserta lomba dibagi menjadi 6 kelompok, setiap kelompok berjumlah 6 sampai 7 peserta. Setiap perlombaan diikuti oleh perwakilan dari setiap kelompok tersebut,” kata Wildan.

Lomba Agustusan santri Ta'jil
Lomba Agustusan santri Ta'jil dan mahasantri Ma'had Aly Qoryatul Qur'an

Kegiatan perlombaan tersebut memiliki tujuan utama yaitu untuk mempererat ukhuwah Islamiyah. Di samping itu, macam-macam perlombaan tersebut dapat melatih para santri untuk berlatih menyelesaikan masalah dengan kekompakan, kebersamaan dan ketangkasan.

Tak kalah penting adalah, dalam lomba-lomba tersebut, peserta dilatih agar bisa bertanding secara sportif dengan mengusung konsep kebersamaan. Bahkan, kalah atau menang tak jadi masalah, semua tetap bahagia.

Di antara rangkaian kegiatan semarak peringatan HUT RI ke-79, pada hari Kamis, seluruh santri Ta'jil, mahasantri, dan asatizah komplek Jonggring Saloka melaksanakan long march dari komplek menuju ke objek wisata alam Batu Seribu.

Long march QQ
Long march ke Batu Seribu

Perjalanan menuju lokasi wisata di Bulu Sukoharjo ini diawali dengan pelepasan oleh Mudir Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I yang berkenan memberikan motivasi, arahan, dan doa sebelum keberangkatan.

Pada hari Sabtu, seluruh santri Ta'jil, mahasantri putra, dan asatizah kompleks Jonggring Saloka melaksanakan upacara pengibaran bendera merah-putih dengan pembina upacara Ustaz Luthfi Zubaidi.

Upacara HUT RI 79
Pelaksanaan upacara HUT RI ke-70 di jonggring Saloka

Salah satu poin yang beliau sampaikan saat amanat pembina upacara adalah, bahwa Pancasila merupakan hasil representasi Islam, tentang kemanusiaan, persatuan, dan permusyawaratan. Ini semua adalah hasil dari mufakat dan musyawarah dari pendiri bangsa yang tidak sedikit dari ulama, kyai, dan tokoh Islam, berperan di dalamnya.

Reporter: Ustaz Salman Al Hawari

Posting Komentar untuk "BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Gelar Semarak Peringatan HUT RI ke-79 Diikuti Santri Ta'jil dan Mahasantri Putra di Komplek Jonggring Saloka"