Apel Pagi MATQ Qoryatul Qur’an Putri, Morning Spirit bersama Ustaz Nasrudin: Tetap Semangat Istikamah di Jalan Ilmu

Agenda rutin tiap pagi pada hari aktif sekolah adalah pelaksanaan apel pagi yang diikuti seluruh santri PPTQ Qoryatul Qur’an termasuk unit MA putri yang berkomplek di Pucung Karangmojo Weru. Pun dengan pagi ini, Senin, 5 Agustus 2024.

Apel pagi MATQ Qoryatul Qur’an putri ini dilaksanakan pada pukul 7.45 - 08.00 WIB di halaman Masjid Al Muttaqin Pucung yang berdampingan dengan komplek pesantren.

Tujuan kegiatan apel pagi di antaranya untuk penanaman ruh, menghadirkan keteladanan yang baik, mendukung suksesnya kepengasuhan, dan mengajarkan rasa disiplin bagi para santri.

Apel pagi MA putri QQ
Apel pagi MATQ Qoryatul Qur'an di halaman Masjid Al Muttaqin Pucung

Seluruh asatizah dan pengajar di unit MATQ putri komplek Pucung ini turut hadir mendampingi para santri. Acaranya berjalan lancar khidmat, dari pembukaan apel, laporan pemimpin pasukan, dan pembacaan visi misi oleh komandan apel.

Morning spirit apel kali ini disampaikan langsung oleh Kepala Komplek Pucung Ustaz Nasrudin. Poin penting yang beliau sampaikan adalah bahwa kita ini sudah berada di jalan yang benar. Kita berada di jalan ilmu. Allah ﷻ mengangkat derajat orang-orang yang berilmu.

يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ ١١

Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadilah: 11)

Kemudian sebaik-baik dari kita adalah yang mempelajari Al-Qur’an, mengamalkan, dan mengajarkannya. “Maka teruslah bersemangat, istikamah, kuat, dan teguh di jalan ini,” pungkas Ustaz Nasrudin.

Ustaz Nasrudin
Ustaz Nasrudin menyampaikan nasihat dan motivasi kepada santri peserta apel pagi

Apa yang disampaikan kepala komplek memang benar adanya. Rasulullah ﷺ telah menyebutkan dalam salah satu hadis beliau yang sudah sangat populer di bawah ini.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ (رَوَاهُ البُخَارِيُّ)

Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Tentu saja para santri sudah memahami akan keutamaan menuntut ilmu. Pengulangan dari Ustaz Nasrudin adalah untuk mengingatkan kembali dan memantapkan pemahaman. Dengan begitu akan tumbuh sikap telaten dan istikamah di jalan ilmu ini.

Kontributor: Ustazah Rillia MM

1 komentar untuk "Apel Pagi MATQ Qoryatul Qur’an Putri, Morning Spirit bersama Ustaz Nasrudin: Tetap Semangat Istikamah di Jalan Ilmu"

  1. Masyaallah.. jadi ketularan semangatnya.. untuk terus istikamah di jalan ilmu.. baarakallah

    BalasHapus