Santri Putra Kelas 2 dan 3 MTsTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Kegiatan Hifdz Mufrodat Yaumiyah

Kamis, 8 Agustus 2024, segenap santri putra kelas 2 dan 3 MTsTQ Qoryatul Qur’an mengikuti kegiatan hifdz mufrodat yaumiyah di Gedung Baru Kauman 02, setelah Salat Isya, atau tepatnya pada pukul 19.15 WIB hingga 20.00 WIB.

Hifdz mufrodat yaumiyah sebagai kegiatan pemberian mufrodat merupakan sarana untuk memberikan santri kosakata baru dalam bahasa arab yang bisa digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Adanya program ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada santri untuk berbicara sekaligus memperkaya kosakata dalam bahasa arab. Malam ini, para santri sudah duduk rapi bersiap menyimak penyampaian mufrodat oleh Ustadz Ardi.

Kosakata arab
Santri MTs kelas 2 dan 3 belajar kosakata bahasa arab

Ustaz Ardi yang berkesempatan mengisi pemberian mufrodat kali ini mengungkapkan kesan dan harapannya untuk para santri. Beliau menyampaikan, “Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa arab.”

Di samping itu, Ustaz Ardi juga yakin hal ini akan berguna untuk menambah wawasan dan mempermudah para santri memahami saat mengikuti pelajaran dengan pengantar bahasa arab saat di kelas.

Setiap pertemuan dalam kegiatan ini akan membahas kosakata yang berbeda-beda dengan pengelompokan tema yang sesuai dengan tempat kosakata itu biasa dipakai. Santri diwajibkan untuk menulis 3 kosakata yang baru diajarkan kemudian menyetorkan kepada para asatizah.

hifdz mufrodat yaumiyah
Santri mengikuti hifdz mufrodat yaumiyah

Kegiatan ini menjadikan belajar bahasa arab lebih seru dan menyenangkan. Santri bisa lebih mudah untuk menghafalkan kosakata baru yang dipelajari. Kemampuan berbahasa arab tentu penting untuk mendukung para santri dalam menghafalkan kitab suci Al-Qur’an dan memahami ilmu dari kitab-kitab berbahasa arab.

Imam Ibnu Katsir pernah menyebut bahwa bahasa arab merupakan bahasa yang paling sempurna sistem pengucapan, penulisan, struktur kalimat, gramatikal, dan yang lainnya, sehingga menjadikan bahasa ini menjadi bahasa yang paling istimewa dari bahasa lainnya.

Semoga Allah memberkahi setiap usaha dari PPTQ Qoryatul Qur’an dalam mendidik santri agar bisa dekat dan paham dengan Al-Qur’an, termasuk dengan adanya program hifdz mufrodat yaumiyah ini. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Muhammad Rizal Habib, S.Pd

Posting Komentar untuk "Santri Putra Kelas 2 dan 3 MTsTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Kegiatan Hifdz Mufrodat Yaumiyah"