Kolaborasi IPHI Weru dengan PPTQ Qoryatul Qur’an Selenggarakan Aksi Donor Darah bersama PMI Sukoharjo

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Weru sebagai wadah kaum muslimin yang sudah melaksanakan ibadah haji cukup aktif dalam aksi sosial di Weru. Terus bergiat dalam aktivitas keagamaan sehingga diharapkan bisa menjadi suri teladan pada masyarakat.

Di antaranya adalah kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan, berkolaborasi dengan PPTQ Qoryatul Qur’an melalui unit QQ Peduli. Support penuh kegiatan ini oleh PMI Kabupaten Sukoharjo, selaku organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

Aksi donor darah ini dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2024, dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga terpenuhi kuota sekitar 150-an pendonor darah. Tempatnya seperti biasa, yakni di Gedung IPHI Weru di Dukuh Tlemek, Desa Karanganyar, Kecamatan Weru.

Donor darah
Aksi donor darah di Gedung IPHI Weru

“Ini adalah bentuk kerja sama kami sudah ke-8 kalinya,” ungkap Ustaz Adi Prayogo, M.Pd selaku koordinator QQ Peduli. “Alhamdulillah, banyak dari warga sekitar, masyarakat Weru, yang turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.”

Lebih lanjut, Ustaz Adi Prayogo atau biasa dipanggil Ustaz Agen ini mengatakan bahwa dari pihak PPTQ Qoryatul Qur’an juga telah mengimbau para ustaz-ustazahnya untuk ikut donor darah. Termasuk para santri yang sudah berusia di atas 17 tahun agar bisa menjadi pendonor.

Skrining donor darah
Skrining sebelum donor darah

“Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada sesama manusia. Setetes darah yang kita donorkan menjadi penyelamat jiwa orang lain,” kata Ustaz Agen. “Selain itu, ini juga untuk menunjukkan bahwa PPTQ Qoryatul Qur’an juga turut aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.”

Kegiatan donor darah pun berlangsung dengan tertib dan lancar. Banyak tokoh masyarakat Weru yang terlihat turut mendonorkan darah pada aksi kali ini. Baik dari instansi pemerintahan, guru sekolah, ataupun warga secara umum. Menunjukkan rasa kepedulian pada sesama yang tinggi.

Dari PPTQ Qoryatul Qur’an dapat dilaporkan sejumlah santri, mahasantri, dan asatiz turut berpartisipasi. Di antaranya, dari komplek putri, komplek Asemlegi Gabeng 5 ustazah, komplek Babadan 13 mahasantri dan 2 ustazah, komplek Jetis 18 santri dan 1 ustazah, komplek Pucung 2 ustazah.

Ustaz Luthfi QQ
Ustaz Luthfi turut sukseskan donor darah

Sementara dari komplek putra, ada 4 santri dari komplek Kauman dan 10 santri dari komplek Alasombo. Lalu ada 14 mahasantri putra dari komplek Jonggring Saloka yang juga turut membantu panitia dalam menyiapkan segala sesuatunya.

Aksi donor darah berakhir sebelum tiba waktu zuhur. Laporan hasil kegiatan donor darah di IPHI Kecamatan Weru tanggal 7 Agustus 2024 ini, sebagaimana disampaikan oleh panitia, ada sejumlah 152 yang datang. Untuk 13 orang tidak lolos skrining. Dan hasil akhir diperoleh total 139 kantong darah.

Semoga aksi donor darah ini memberikan manfaat bagi kita semua, baik pendonor maupun nantinya para pasien yang akan menerima donor darah tersebut. Kepedulian ini semoga menjadikan kita sebagai manusia yang bermanfaat untuk sesama.

Posting Komentar untuk "Kolaborasi IPHI Weru dengan PPTQ Qoryatul Qur’an Selenggarakan Aksi Donor Darah bersama PMI Sukoharjo"