Pembinaan Kepengasuhan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis bersama Ustaz Sujud Eloy: Banyak Cara Allah Kabulkan Doa

Ahad, 25 Agustus 2024, sekitar pukul 07.30 hingga 09.00 WIB, para santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 Matiq dan Imtaq mengikuti pembinaan kepengasuhan komplek Jetis Krajan, ditemani segenap asatizah komplek. Pemateri adalah Ustaz Sujud Eloy dari tim kepengasuhan pesantren.

Kegiatan pembinaan rutin ini dilaksanakan di ruangan Masjid Al Hikmah Jetis. Harapannya dengan pembinaan ini bisa menjadikan santriwati lebih baik dari hari ke hari. Menjadi sarana tim kepengasuhan pesantren untuk memasukkan nilai-nilai kebaikan ke dalam hati para santriwati.

Ustaz Sujud Eloy menyampaikan bahwa ada beberapa tipe manusia dalam hal sikapnya kepada perjuangan dakwah. Setidaknya terbagi menjadi 3 tipe manusia. Yang pertama, ya pejuang itu sendiri. Yang kedua, adalah pendukung perjuangan yang menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pejuang.

Ustaz Sujud
Ustaz Sujud menyampaikan pembinaan santri Jetis

Tipe ketiga adalah penonton, di mana ia tidak terlibat dan tidak mendukung, sekadar menyaksikan apa yang terjadi. Dan yang keempat adalah pengganggu atau perusuh. Jangan sampai kita masuk dalam kategori terakhir ini.

Dalam kehidupan, kata Ustaz Sujud lebih lanjut, kita perlu adanya pedoman. Pedoman ada supaya langkah kita bisa terarah. Selain itu, juga membuat kita tidak mudah goyah dalam menjalani kehidupan.

Dalam kebahagiaan kuncinya adalah tidak berharap pada selain Allah. Hanya pada Allah tempat berharap dan berdoa. Doa orang beriman yang penuh keyakinan pasti akan dikabulkan oleh Allah.

Cara Allah mengabulkan doa, ada yang langsung dikabulkan. Meski ini bisa jadi adalah cara Allah paling rendah. Lalu ada yang dikabulkan dengan diganti dengan yang lebih baik, bagi diri dan orang lain. Dan cara ini lebih tinggi derajatnya dari yang sebelumnya.

Cara Allah mengabulkan doa ketika tidak langsung atau tidak diganti yang lain, maka kelak Allah mengabulkan doa dengan menggantinya di akhirat. Cara kabul doa ini derajatnya paling tinggi, yakni ketika kita sudah tidak bisa berupaya apapun.

Demikian kegiatan pembinaan pengasuhan komplek Jetis Krajan yang diikuti seluruh santriwati MATQ Qoryatul Qur’an kelas 3 Matiq dan Imtaq. Semoga bermanfaat untuk perbaikan kualitas diri para santri di sana.

Kontributor: Ustazah Nafi Aritamala dan Ustazah Ratry Fatmawati

Posting Komentar untuk "Pembinaan Kepengasuhan PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis bersama Ustaz Sujud Eloy: Banyak Cara Allah Kabulkan Doa"