Qoryatul Qur’an Hadiri Acara Wisuda Mahasantri IDBC (Islamic Digital Boarding College) Tahun Akademik 2023/2024

Al-Wustho IDBC (Islamic Digital Boarding College) menyelenggarakan acara wisuda mahasantri angkatan XIII putra dan angkatan IV putri tahun akademik 2023/2024 dengan tema “Generasi Peradaban Wujudkan Visi Islam Masa Depan”.

Wisuda IDBC
Wisuda IDBC

PPTQ Qoryatul Qur’an menjadi salah satu lembaga yang mendapat undangan menghadiri acara yang digelar di Ballroom lantai 5 Hotel Red Chilies Manahan, Solo, pada hari Sabtu, 6 Juli 2024 ini.

Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I dan Pak Wakhid Syamsudin yang ditugaskan hadir sebagai perwakilan PPTQ Qoryatul Qur’an pada acara wisuda pesantren yang memiliki visi Kaderisasi Dai Technopreneur (Programmer & Entrepreneur) ini.

Wisudawan IDBC
Wisudawan IDBC angkatan XIII putra

Al-Wustho IDBC adalah pesantren yang bertekad menjadi alternatif pendidikan yang efisien sesuai dengan syariat dan tuntutan zaman dengan optimalisasi dan integrasi teknologi dalam pendidikan dan dakwah.

Wisudawati IDBC
Wisudawati IDBC angkatan IV putri

Pesantren ini menerapkan konsep pendidikan rabbani sesuai dengan manhaj salaf. Mewujudkan manusia menjadi hamba dan khalifah. Menjadi kampus adab dan IT yang menyiapkan generasi produktif dunia akhirat siap hadirkan manfaat maju bersama umat.

Mudir IDBC Ustaz Rizal Al-Maududy dalam kesempatan laporan pendidikan menyampaikan bahwa segenap mahasantri yang diwisuda telah dibekali skill tepat guna sehingga lebih produktif, semangat, dan mandiri.

Ustaz Rizal Al-Maududy
Mudir IDBC menyampaikan laporan pendidikan

Fokus IDBC pada kompetensi keilmuan teknologi, multimedia dan programming dengan kurikulum yang menjadikan generasi yang disebut dengan Dai Technopreneur yang bisa menembus batas ruang dan waktu dalam berdakwah visual.

Namun, hal yang tak diabaikan di IDBC adalah pendidikan adab, sehingga nantinya akan mudah diterima di manapun berada. Tanpa adab, generasi Z cenderung akan dianggap menjadi beban karena tidak peka dengan kewajiban.

Selanjutnya, pidato pendidikan disampaikan oleh Peneliti dan Pengembangan IT untuk Pendidikan dan Dakwah Ustaz Junaedy Alfan yang juga merupakan Founder IDBC sekaligus Ketua Kampung IT Solo. 

Di antara poin penting yang beliau tekankan adalah bahwa kunci kemajuan peradaban adalah pendidikan. Seperti kata Nelson Mandela yang pernah mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia.

Namun, menurut Ustaz Junaedy Alfan, ada masalah besar dari pendidikan yang ada di Indonesia. Beliau menukil perkataan Najwa Shihab, bahwa pengangguran terbanyak saat ini, berdasarkan data, ada di jenjang yang lebih tinggi.

Masuk kampus hanya menunda jadi pengangguran empat tahun. Jadi sarjana tidak membuat kemungkinan diterima kerja jadi lebih tinggi. Itu faktanya, itu datanya. Begitu kata Najwa Shihab. Hal ini menurutnya akan menjadi problem Indonesia ke depan.

Ustaz Junaedy Alfan menyebut bahwa fakta literasi Indonesia sangat rendah, padahal ayat pertama yang turun kepada Rasulullah adalah iqra, perintah membaca, menganalisa problematika keumatan.

Ustaz Junaedy Alfan
Ustaz Junaedy Alfan sampaikan pidato pendidikan

Lebih lanjut, beliau menyampaikan terkait problem umat Islam khususnya di negeri kita yakni ilmu yang rusak ketika salah referensi keilmuan. Kemudian hilangnya adab kepada Allah maupun sesama manusia.

IDBC mencoba menjawab permasalahan yang ada dengan membentuk kampus adab dan IT. Kecanggihan teknologi saat ini, munculnya AI, tanpa ada bekal adab maka akan menjadi persoalan baru.

Ikhtiar IDBC adalah membangun sistem pendidikan dengan konsep Islam yang tidak terkontaminasi konsep Barat. Di mana kita berorientasi akhirat, bukan sekolah hanya demi biar mudah mencari uang.

Prosesi wisuda mahasantri Al-Wustho IDBC angkatan XIII putra dan angkatan IV putri tahun akademik 2023/2024 yang diikuti 24 wisudawan 18 wisudawati berlangsung dengan lancar dan khidmat dilanjutkan ikrar alumni.

Prosesi wisuda
Prosesi wisuda terlaksana dengan lancar

Akhirnya, PPTQ Qoryatul Qur'an mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Wisuda Mahasantri Al-Wustho IDBC (Islamic Digital Boarding College) Angkatan XIII Putra dan IV Putri Tahun Akademik 2023/2024. Semoga menjadi generasi yang bermanfaat untuk dakwah Islam.

Posting Komentar untuk "Qoryatul Qur’an Hadiri Acara Wisuda Mahasantri IDBC (Islamic Digital Boarding College) Tahun Akademik 2023/2024"