Qoryatul Qur’an Hadiri Acara Wisuda Huffazh dan Pelepasan Mahasantri Khidmah Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah di Telukan, Grogol, Sukoharjo

Qoryatul Qur’an menghadiri acara Wisuda Huffazh dan Pelepasan Mahasantri Khidmah Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah yang beralamat di Nglawu RT 02 RW 02 Solo Baru Sektor 7, Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, pada hari Ahad, 7 Juli 2024.

Tujuan kegiatan ini adalah mewisuda mahasantri putri yang telah menyelesaikan belajar di Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah, pemberian apresiasi kepada para wisudawati, dan serah-terima santriwati penugasan.

Terlihat hadir para pengurus Yayasan Bani As'ad Rabbaniyyin yang membawahi ma'had ini, jajaran asatiz pengelola harian Ma'had 'Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah, dan mengundang Kasi Pontren Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo.

Hadir juga perwakilan lembaga tempat penugasan mahasantri khidmah, termasuk di antaranya adalah PPTQ Qoryatul Qur’an yang diwakili oleh Ustaz Agus Tansyah, Ustaz Imam Yoga, Ustaz Abdul Mu'in, dan Ustaz Solihin ditemani Ibu Yuria, Ustazah Amatullah, Ustazah Dwi, dan Ustazah Nailah.

Wisuda HuffazMa’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah
Acara Wisuda Huffazh dan Pelepasan Mahasantri Khidmah Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah

Secara urut, acara yang terlaksana dengan lancar dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan, tausiah wisuda, pelepasan mahasantri khidmah, lanjut prosesi Wisuda Huffazh hingga pembacaan Ikrar Wisuda kemudian dokumentasi foto bersama.

Selain acara wisuda, kegiatan kali ini juga sekaligus dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah dengan lembaga tempat penugasan mahasantri khidmah atau pengabdian.

Wisuda huffazh
Dokumentasi foto bersama lembaga tempat khidmah mahasantri

Ketua Yayasan Bani As'ad Rabbaniyyin Ustaz H. Sidrotul Muntaha mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan dan memohon maaf kalau panitia dalam penyambutan ada kekurangan.

Beliau berpesan untuk peserta wisuda agar menjadi pendakwah Al-Qur’an. “Al-Qur’an yang sudah kalian pelajari di pondok ini harus mendatangkan kemanfaatan untuk umat. Untuk itu kalian harus mengajarkan Al-Qur’an kepada masyarakat tempat kalian tinggal.”

Kasi Pontren Kemenag Sukoharjo Bapak T. Istanto, M.M yang diminta menyampaikan sambutan turut memberi ucapan selamat kepada para wisudawati dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Wisuda Mahasantri Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah.

Sambutan selanjutnya oleh Kepala Desa Telukan Bapak Sriyanto, M.M. Beliau mengakui bahwa kehadiran pondok ini di Telukan memberikan dampak yang sangat positif kepada masyarakat khususnya yang ada di Dukuh Nglawu, Desa Telukan, Kecamatan Grogol.

Pemateri tausiah wisuda disampaikan oleh Ustaz Ibad Sutono, M.M. Beberapa poin penting yang beliau sampaikan adalah bahwa Al-Qur’an itu amanah, maka hendaklah senantiasa bertakwa kepada Allah. Jangan berhenti pada hafalan, tapi ditadaburi dan berpegang teguh pada Al-Qur’an. Kepada orang tua agar senantiasa menjaga anak-anaknya, diarahkan terus untuk selalu istikamah.

Ustaz Ibad Sutono
Ustaz Ibad Sutono memberikan nasihat kepada peserta wisuda

Kepada segenap peserta wisuda yang semua adalah akhwat, beliau mengingatkan bahwa sebaik-baik wanita penghuni surga ada 4 yakni Khodijah bintu Khuwailid, Fatimah bintu Muhammad, Asiyah bintu Muzahim, dan Maryam bintu Imran. “Pelajarilah sifat yang melekat pada keempat wanita penghuni surga tersebut,” pungkas beliau.

Selanjutnya, Ustaz Ihsan Saifuddin, S.Ag selaku Mudir Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah menyampaikan nasihat dan pesan untuk peserta wisuda agar istikamah menjadi orang saleh karena Allah akan menjaga keberkahan orang saleh itu keluarga, keturunannya, dan lingkungannya.

Kepada para wisudawati silahkan jaga nama baik diri dan almamater. Selalu bersikap rendah hati kepada guru yang pernah mengajari, bersikap hormat kepada orang-orang yang telah memberikan ilmu-ilmunya.

Acara terakhir adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah dengan lembaga tempat penugasan mahasantri khidmah atau pengabdian, termasuk di antaranya adalah PPTQ Qoryatul Qur’an.

MoU penugasan
Penandatanganan MoU penugasan mahasantri khidmah

Pada kesempatan ini, Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I berkenan menyusul ke lokasi acara setelah sebelumnya harus menyampaikan sambutan pada acara Khutbah Taaruf santri baru di Qoryatul Qur’an.

HMa’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah
Pelaksanaan acara berjalan lancar

Akhirnya, semoga Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah sukses mewujudkan misi untuk mencetak kader-kader hafizhah yang berkemampuan dakwah, berintelektual tinggi, dan berakhlak karimah serta mampu mengamalkan Al-Qur’an secara kaffah. Aamiin.

Reporter: Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I

Posting Komentar untuk "Qoryatul Qur’an Hadiri Acara Wisuda Huffazh dan Pelepasan Mahasantri Khidmah Ma’had Aly Daarur Rahmah Wal Hikmah di Telukan, Grogol, Sukoharjo"