LPJ dan Sertijab IST MATQ Qoryatul Qur’an Putri Periode X 2023 serta Pelantikan IST Periode XI 2024

Bagian Kepengasuhan komplek Pucung dan Jetis berkolaborasi dalam kegiatan Laporan Pertanggungjawaban dan Sertijab IST Periode X 2024 serta Pelantikan IST Periode XI 2024/2025 di ruang Kelas Palestine PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Pucung.

IST adalah singkatan dari Imaaratus Syu’unith Tholabah (OSIS), merupakan organisasi intra pesantren yang memiliki peran menggerakkan santri untuk aktif berkontribusi di pesantren. Melalui IST, santri belajar menjadi pemimpin dan mengelola sebuah organisasi serta melatih kerja sama.

Pesantren mengundang hadir para sesepuh pemangku komplek Pucung, di antaranya Bapak Asri Minulyo dan Bapak Darmanto. Sedangkan Bapak Susanto pada kesempatan ini izin karena sedang ada acara lain yang tak bisa beliau tinggalkan.

Juga mengundang sesepuh komplek Jetis yakni Abi Jaiman dan Umi Jaiman. Tentu saja hadir membersamai kegiatan ini, Kepala Komplek Pucung Ustaz Nasrudin dan Kepala Komplek Jetis Ustaz Imam Yoga beserta seluruh asatizah dan santri kedua komplek unit MA ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 ini dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai pada waktu zuhur. Pembukaan oleh MC yakni Ustazah Hasna dan Ustazah Nasywa. Tilawah Al-Qur’an dilantunkan oleh Azzahra Khoirunnisa, salah satu santriwati yang mengemban amanah sebagai IST.

Sertijab
Acara sertijab IST MATQ Qoryatul Qur'an

Secara garis besar, acara pagi ini terbagi menjadi 3 sesi. Pertama, LPJ IST Periode X, sebagai bentuk pertanggungjawaban IST periode X atas amanah yg diemban kepada komplek Pucung dan sebagai ajang permintaan maaf IST kepada ustaz, ustazah, dan adik-adik kelas di komplek Pucung.

Kedua, Sertijab, sebagai ajang penyerahan secara simbolis, amanah yang sebelumnya diemban IST Periode X kepada IST Periode XI. Dan yang ketiga, Pelantikan IST Periode XI. Adanya IST di pesantren guna untuk membantu ustazah dalam menegakkan peraturan pesantren.

Waka Kesantrian Komplek Pucung Ustazah Ummi Lathifah pada kesempatan sambutan menyampaikan bahwa IST lama setelah LPJ bisa fokus dengan kegiatan di komplek Jetis. Di sanalah kelas 3 MA putri menempati asrama baru.

Laporan Pertanggungjawaban IST Periode X yang dipimpin oleh Asmaa' selaku ketua, dimulai dari bagian ketua dan wakil, sekretaris, bendahara, keamanan, bahasa, dakwah dan ta'lim, kebersihan, UKP, koperasi, pendidikan dan maktabah, kondap (konsumsi dan dapur), orkes (olahraga dan kesenian), sarpras, sampai dengan bapenta (bagian penerimaan tamu).

Nasihat
Sambutan, pembacaan pengurus baru, dan nasihat

Tanggapan dan pengesahan LPJ oleh Kepala Komplek Pucung Ustaz Nasrudin yang dilanjutkan dengan pemberian apresiasi atau rasa terima kasih simbolis dari komplek untuk IST Periode X. Pesan beliau, “Jaga adab tingkatkan akhlaknya. Setiap kebaikan yang kalian lakukan pasti akan membawa manfaat dan menjadi amal jariah yang mengalir.”

Pembacaan Surat Keputusan dan susunan kepengurusan IST baru oleh Ustazah Siti Laela Nur Khasanah. Ketua IST Periode XI adalah Angelis Kirram Bararah. Pengurus IST yang disebutkan namanya maju ke atas panggung untuk mengikuti prosesi pelantikan.

Prosesi pelantikan oleh Ustaz Nasrudin dilanjutkan pembacaan ikrar diikuti oleh santriwati IST baru. Lanjut pemberian apresiasi semangat dan doa sukses dari para ustaz, ustazah, dan para tamu undangan, dilanjutkan foto bersama.

Bapak Asri Minulyo pada sesi nasihat menyampaikan bahwa IST itu tanggung jawabnya ada dua yakni di komplek dan di luar komplek. Agar saling bekerja sama. Selalu menjaga adab dan akhlak. Mungkin pendidikan bisa cari tapi adab dan akhlak tak mudah di cari.

Kerasankanlah di pondok jangan sampai bully-membully. Mencari program unggulan harus meningkat. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab tidak mudah dan harus bersyukur karena IST ajang untuk pemimpin. Kepemimpinan di pondok itu juga menghasilkan adab dan akhlak. Termasuk bertanggung jawab hubungan antara komplek dan masyarakat.

IST Baru
Nasihat para sesepuh untuk pengurus IST baru

Sementara Bapak Darmanto menyampaikan nasihat yang garis besarnya adalah dengan menjadi pengurus IST akan menjadikan santri lebih disiplin. Bisa menjadi generasi Qurani yang inovatif dan berintegritas. 

Nasihat terakhir dari Abah Jaiman Abdullah. Beliau berpesan agar dalam mengemban amanah IST diniatkan karena Allah, karena ini beda dengan pekerjaan yang mendapat gaji selesai. Luruskan niat, carilah inovasi yang lebih dari kakak kelas, dan maksimalkan program yang di pondok ini.

IST
Foto bersama IST lama dan baru

Demikian pelaksanaan kegiatan IST ini berlangsung lancar. Dengan diterimanya LPJ IST Periode X bukan berarti selesai tugas di komplek Pucung, akan tetapi tetap melanjutkan bertugas di komplek Jetis, untuk terus menanamkan nilai-nilai didikan IST sebagai santri.

Setelah selesai acara, dilanjutkan dengan makan siang bersama. Para ustaz dengan tamu undangan laki-laki di ruang kantor ustaz. Ustazat bersama tamu undangan putri bertempat di kantor ustazah. Semoga Allah meridai kegiatan ini sebagai rangkaian dakwah di jalan-Nya.

Kontributor: Ustazah Salsa Ayu Ceria, Ustazah Muna Nur 'Aini

Posting Komentar untuk "LPJ dan Sertijab IST MATQ Qoryatul Qur’an Putri Periode X 2023 serta Pelantikan IST Periode XI 2024"