Santri Baru Unit MTsTQ dan MATQ Qoryatul Qur’an Putri Ikuti MOS-QU Outdoor di Komplek Asemlegi Gabeng

Masa Orientasi Santri PPTQ Qoryatul Qur’an yang biasa disingkat dengan MOS-QU merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh peserta didik baru di pesantren ini. Tujuannya untuk memperkenalkan para santri baru dengan lingkungan pesantren, aturan pesantren, serta pendidikan karakter yang dijalankan di lingkungan tersebut.

Pelaksanaan MOS-QU dimulai pada hari Senin, 8 Juli dan berakhir pada hari Sabtu, 13 Juli 2024. Terbagi menjadi 2 jenis kegiatan orientasi, yakni indoor dan outdoor. Kegiatan indoor dilaksanakan pada hari Senin sampai Kamis di masing-masing komplek pesantren yang ada santri barunya.

Sementara pada hari Jumat dan Sabtu materi outdoor berupa kegiatan outbond di tempat berbeda, yakni komplek Gabeng, komplek Kauman, komplek Jonggring Saloka, dan Bumi Perkemahan QQ di Alasombo.

Outbond
Keceriaan santri baru mengikuti outbond

Salah satu lokasi outbond adalah di komplek Asemlegi Gabeng. Tepatnya di area lahan milik pesantren sebelah timur gedung MITQ Qoryatul Qur’an yang beberapa waktu lalu menjadi lokasi Khutbah Taaruf Santri dan Mahasantri Baru tahun ajaran 2024/2025.

Di lokasi ini dilaksanakan kegiatan outbond yang diikuti santri putri unit MTsTQ dan MATQ Qoryatul Qur’an. Acara pembukaan pada hari Senin pagi, 8 Juli 2024. Pembicara pada acara pembukaan ini adalah Ustazah Umi Lathifah dan Ustaz Agus Tansyah.

Pada acara ini diperkenalkan instruktur outbond yang akan bertugas, yakni dari Tim Leadership PPTQ Qoryatul Qur’an yakni Ustaz Imam, Ustaz Munadif, Ustaz Bilal, Ustaz Saiful, dan Ustaz Ikhsan.

Selesai acara pembukaan, sesi pertama dimulai sekira pukul 09.00 WIB dengan beberapa game konsentrasi dan kekompakan. Untuk santri baru unit MA dipandu oleh Ustaz Munadif dan Ustaz Ikhsan. Sementara santri baru MTs di bawah bimbingan Ustaz Saiful, Ustaz Imam, dan Ustaz Agus.

Game
Peserta mengikuti sesi game

Setelah Salat Zuhur, pada pukul 13.00 WIB, panitia memberikan tugas kepada segenap santri baru untuk meminta tanda-tangan ustazah. Sesi ini sekaligus untuk mengenal ustazah yang nantinya akan menemani proses belajar di pesantren.

Bakda Salat Asar atau sekira pukul 16.00 WIB, seluruh peserta outbond mengikuti sesi materi berkuda dan memanah yang disampaikan oleh Ustaz Ikhsan yang juga membawa serta kuda kesayangan beliau.

Ustaz Ikhsan
Ustaz Ikhsan menyampaikan materi berkuda

Malamnya, panitia dan peserta outbond menyalakan api unggun. Menikmati malam dengan nyala api unggun yang meliuk-liuk, digelar tampilan-tampilan santriwati. Momentum yang indah dan berkesan.

Hari kedua MOS-QU outdoor, segenap santri baru unit MTs dan MA putri ini diajak jalan-jalan pagi. Acara ini dipandu panitia dan Tim Leadership yaitu Ustaz Munadif, Ustaz Imam, dan Ustaz Ihsan. Sekembali dari jalan-jalan, waktunya acara terakhir yakni penutupan.

Kontributor: Ustazah Nailah, Ustazah Haura

Posting Komentar untuk "Santri Baru Unit MTsTQ dan MATQ Qoryatul Qur’an Putri Ikuti MOS-QU Outdoor di Komplek Asemlegi Gabeng"