Jalin Keakraban, Santri Baru PPTQ Qoryatul Qur’an Jalan-Jalan ke Watu Plenuk

Terselenggaranya Khutbah Taaruf pada hari Ahad, 7 Juli 2024 menandai masuknya para santri dan mahasantri baru, baik dari unit MTs, MA, maupun Ma’had Aly di PPTQ Qoryatul Qur’an. Berlanjut dengan MOS (masa orientasi santri) dalam waktu sepekan.

Pelaksanaan MOS di PPTQ Qoryatul Qur’an atau yang disingkat MOS-QU, bertempat di masing-masing komplek. Untuk MTs dan MA putra tempatnya di komplek Kauman Jatingarang. Kegiatan yang menjadi agenda awal pesantren ini dilaksanakan indoor dan outdoor.

Rabu, 10 Juli 2024, santri baru unit MTs dan MA putra diajak berkeliling Weru menuju ke salah satu destinasi wisata alam yang tak jauh dari komplek pesantren yakni ke objek wisata Watu Plenuk di Tobong, Sambirejo, Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Qoryatul Quran
Santri baru Qoryatul Qur'an di Watu Plenuk

Segenap santri baru MTs dan MA putra dibawa ke lokasi wisata alam di perbatasan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Gunungkidul ini menggunakan armada berupa 3 buah kereta mini atau sepur kelinci.

Hari yang indah ini sudah diawali dengan bangun Salat Tahajud, Salat Subuh, zikir pagi, dan tilawah pagi. Kemudian lanjut menikmati pemandangan alam perdesaan menuju ke Watu Plenuk. Berangkat pukul 06.00 WIB dan menempuh perjalanan sekira 15 menit, sampailah para santri di lokasi.

Kereta mini
Berangkat naik kereta mini

Jalan-jalan para santri baru ditemani kakak-kakak ISHLAH (OSIS). Turut mendampingi juga para asatiz komplek Kauman. Bahkan Kepala Unit MTsTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Agus Umar Ar-Rifai berkenan hadir ke Watu Plenuk membersamai kegiatan para santri baru ini.

Santri QQ
Santri melakukan pemanasan

Kegiatan yang dilaksanakan di area wisata alam desa ini dimulai dengan melakukan olahraga pemanasan bersama-sama, lalu bersantai menikmati pandangan, barulah kemudian dilanjut mentoring yang diisi para asatiz dengan dibagi beberapa kelompok.

Untuk santri baru unit MA, mentoring diisi oleh Ustaz Lathif Mukhlisin, Ustaz Muhammad Rosyid, Ustaz Rijal Habib, Ustaz Yusuf Nashiruddin, dan Ustaz Aldi Ahmad. Sementara unit MTs mentornya adalah Ustaz Affan Mahendra, Ustaz Mas'ula Azzahid, Ustaz Muhammad, dan Ustaz Sigit Aji Kurniawan.

Asatizah QQ
Mentoring bersama asatizah

Setelah selesai mentoring, waktunya untuk menikmati sarapan bersama dan jajan-jajan. Para santri baru terlihat sangat bersemangat dan bergairah. Momentum yang sangat tepat untuk membina keakraban satu sama lain.

Ustaz Agus Umar Ar-Rifai menyaksikan santri yang penuh ceria turut merasa bahagia. Harapan beliau, aktivitas bersama seperti ini akan menumbuhkan suasana kekeluargaan, menjadikan santri betah untuk belajar di PPTQ Qoryatul Qur’an.

Ustaz Umar QQ
Ustaz Agus Umar membersamai santri baru jalan-jalan ke Watu Plenuk

Kepada segenap wali santri, beliau meminta agar tak henti mendoakan putra-putrinya. “Insyaallah, anak-anak di pesantren akan kita dampingi, kita bina, sehingga bisa mengikuti pendidikan di pesantren dengan bahagia,” harap beliau.

Sarapan
Menikmati sarapan bersama

Acara mentoring dan motivasi di Watu Plenuk ini merupakan bagian dari kegiatan masa orientasi santri. Semoga dengan makin akrab satu sama lain, para santri bisa saling memberikan support untuk meraih cita-cita bersama di pesantren ini. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Aldi Ahmad

Posting Komentar untuk "Jalin Keakraban, Santri Baru PPTQ Qoryatul Qur’an Jalan-Jalan ke Watu Plenuk"