Masa Orientasi, Mahasantri Baru Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ikuti Outbond di Bumi Perkemahan QQ di Desa Alasombo

Mahasantri putra dan putri mengikuti rangkaian MOMs-QU (Masa Orientasi Mahasantri Qoryatul Qur’an) dari materi indoor sampai kegiatan outdoor. Untuk outdoor, dilaksanakan outbond di Bumi Perkemahan Qoryatul Qur’an (Buper QQ) di Desa Alasombo, Weru.

Pelaksanaan MOMs-QU outdoor dimulai pada hari Jumat, 12 Juli 2024 yang diawali pembinaan bersama Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I dengan tema visi dan misi pesantren yang juga dihadiri jajaran direktorat dan para asatiz PPTQ Qoryatul Qur’an.

MOMs-QU QQ
Berfoto bersama Ustaz Setyadi Prihatno

Pembinaan berakhir jelang waktu zuhur. Setelah makan siang dan Salat Zuhur, tepatnya pukul 13.00 WIB dilaksanakan kegiatan outbond dengan materi kode peluit dan praktik peraturan baris-berbaris. Setelah Asar lanjut dengan game ukhuwah.

Game outbond
Games untuk melatih kekompakan mahasantri

Untuk para mahasantri putra kegiatan dipandu oleh Tim Leadership QQ di antaranya adalah Ustaz Joko Purwanto, Ustaz Muhammad Negus, Ustaz Munadif dan Ustaz Bilal. Sementara mahasantri putri dibimbing oleh Ustaz Wahodo dan Ustaz Rio Maryono.

Abah Istanto
Mahasantri putra majelis bersama Abah Istanto

Malam harinya, mahasantri putra bermajelis bersama Abah Istanto untuk sharing dan pendekatan ruhiyah. Di tempat terpisah, mahasantri putri bermajelis bersama Ustazah Sutini. Lewat pukul 21.00 WIB dilaksanakan renungan malam dengan Ustaz Joko dan Ustaz Munadif.

Ustazah Sutini
Mahasantri putri bersama Ustazah Sutini

MOMs-QU hari kedua, Sabtu, 13 Juli 2024, pagi hari diisi kegiatan olahraga pagi dan dilaksanakan majelis sharing pembinaan. Mahasantri putra bersama Ustaz Zaki Zayrofi dan yang putri bersama Ustaz Salman Al Farisi.

Pukul 08.00 WIB dilaksanakan materi pelatihan bela diri yang disampaikan oleh Ustaz Saiful dan Ustaz Khoiruddin. Lanjut pukul 09.30 WIB majelis ruhiyah yang dipandu oleh Ustaz Joko dan Ustaz Wahodo.

Akhirnya, kegiatan outbond memasuki sesi terakhir yakni penutupan. Rangkaian kegiatan MOMs-QU ditutup secara resmi oleh Kepala Unit Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H pada siang hari.

Pada acara penutupan, Ustaz Luthfi mengingatkan bahwa ada 3 tujuan dilaksanakan MOMs-QU outdoor ini, yakni: (1) Bagian dari ibadah kita yang merupakan ketaatan, (2) Tawadhu demi mendapatkan ilmu, dan (3) Kemauan bekerja keras dan sungguh-sungguh.

Ustaz Luthfi Zubaidi
Foto bersama Ustaz Luthfi dan Tim Leadership QQ

Usai penutupan, mahasantri putra kembali ke komplek Jonggring Saloka dan yang putri ke komplek Babadan Karangmojo. Segala kegiatan yang terlaksana semoga bisa mendukung terbentuknya mentalitas mahasantri yang siap berjuang untuk melanjutkan pembelajaran di Ma’had Aly Qoryatul Qur’an.

Kontributor: Ustazah Khonsa' Muzayyin, Ustaz Salman Al Hawari

Posting Komentar untuk "Masa Orientasi, Mahasantri Baru Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ikuti Outbond di Bumi Perkemahan QQ di Desa Alasombo"