Launching Film Dokumenter Perjalanan 13 Tahun PPTQ Qoryatul Qur’an: “Dari Desa untuk Dunia”

PPTQ Qoryatul Qur’an melaksanakan launching film dokumenter perjalanan pesantren yang kini berusia 13 tahun ini. Launching penayangan perdana secara eksklusif di kanal Youtube Qoryah TV, kanal resmi milik PPTQ Qoryatul Qur’an, pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 pukul 20.00 WIB.

Menyemarakkan acara ini, di setiap komplek diadakan nobar (nonton bareng) yang diikuti segenap asatiz komplek dan seluruh santri. Nobar juga menjadi sarana kebersamaan sehingga semakin mengeratkan persaudaraan satu sama lain, terutama santri baru.

Film dokumenter Qoryatul Quran
Film dokumenter perjalanan 13 tahun PPTQ Qoryatul Qur'an

Sebagian santri yang masih libur karena sebelumnya membantu pelaksanaan penerimaan santri baru juga diberi tugas untuk menyaksikan film dokumenter pesantren di rumah masing-masing dan mendapat tugas meringkasnya untuk dikumpulkan saat kembali ke pondok nanti.

Film dokumenter ini adalah karya besar tim QQ Media yang diberi judul “Dari Desa untuk Dunia”. Film berdurasi 25 menit ini adalah ide dari Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I yang ditindaklanjuti tim media pesantren di bawah koordinasi Wadir Dakwah.

Proses kreatif pembuatan film ini melibatkan segenap tim QQ Media baik yang berada di pusat maupun yang berada di setiap komplek. Saling membantu mengumpulkan serpihan data foto dan video kegiatan yang pernah diambil.

Untuk konsep dan editing dipercayakan sepenuhnya kepada Ustaz Shofa Wibi Mahardika, S.Pd yang tak diragukan lagi skill-nya dalam soal multimedia. Berulang kali lembur sampai malam untuk mengedit film ini melalui beberapa revisi untuk penyempurnaan karya. Semoga Allah catat setiap lelahnya sebagai amal jariah.

Nonton bareng santri
Suasana nobar di komplek pesantren

Dalam pembuatan film ini, QQ Media melibatkan pengurus yayasan Qoryatul Qur’an Kauman yang berkenan untuk pengambilan gambar di tengah kesibukan masing-masing. Di antara yang berkenan menjadi narasumber adalah Bapak H. Wiyana, Ustaz Didik Efendi, Ustaz Susanto, Ustaz Hasim Makmun Tohar, dan Ustaz Luthfi Zubaidi.

Semoga keberadaan film dokumenter ini membuat siapa saja yang menyaksikannya bisa lebih mengenal PPTQ Qoryatul Qur’an dan menghadirkan kecintaan kepada pesantren yang tumbuh berkembang di desa ini.

Semoga kehadiran film dokumenter perjalanan 13 tahun PPTQ Qoryatul Qur’an ini menjadi amal jariah bagi semua yang terlibat di dalamnya. Menjadi sarana dakwah di alam digital maupun di dunia nyata. Dari desa untuk dunia. Maju, jaya, mendunia. Allahu akbar!

2 komentar untuk "Launching Film Dokumenter Perjalanan 13 Tahun PPTQ Qoryatul Qur’an: “Dari Desa untuk Dunia”"

  1. Keren banget nih launching film documenter perjalanan 13 tahun PPTQ Qoryatul Qur’an. Semoga semakin banyak yang menonton dan menjadi media dakwah sehingga menjadi amal jariya bagi semua yang terlibat dalam proses pembuatannya. Sukses terus deh pokoknya!

    BalasHapus