Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten, MATQ Qoryatul Qur’an Raih Beberapa Prestasi

Meski masih berada pada masa liburan akhir tahun ajaran 2023/2024 dan menjelang tahun ajaran baru, beberapa santri MATQ Qoryatul Qur’an bersemangat mengikuti salah satu event kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Kegiatan lomba ini diberi nama Kompetisi Sains Madrasah atau biasa disingkat dengan KSM. Penyelenggaranya adalah Kementerian Agama. KSM ini sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

Dikutip dari web resmi KSM Kemenag, sejak pertama kali digelar pada tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Kompetisi Sains Madrasah 2024 telah dibuka dan terlaksana untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI, MTs, MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat). KSM tingkat MA yang digelar oleh Kemenag Sukoharjo terlaksana pada hari Senin, 1 Juli 2024 di MAN Sukoharjo.

Lomba KSM
Tim regu dari MATQ Qoryatul Qur'an

Pada ajang kompetisi ini, MATQ Qoryatul Qur’an mengirimkan peserta sejumlah 9 santri. Keberangkatan mereka didampingi oleh Bu Oktafiana dan Bu Rina. Para santri telah berjuang, berusaha semaksimal mungkin untuk hasil yang terbaik.

Peserta KSM MA 2024 dari Qoryatul Qur’an kategori individual sejumlah 6 santri yakni Arga Gian Perdana kelas 12 Matiq (Fisika), Ihwah Istiqomah kelas 12 Matiq (Kimia), Hanan Khoirudin kelas 12 Matiq (Biologi), Muhammad Arrafi Hardja kelas 12 Matiq (Matematika), Ahmad Firdaus kelas 11 Matiq (Ekonomi), dan Umar Abdul Ghoffar kelas 11 Imtaq (Geografi).

Kemudian 3 santri kategori Regu Sosial Sains Terpadu dengan Tim QQ 554 yakni Fajar Fatimah kelas 12 Matiq, Renata Anggraeny Dwi Nilawati kelas 12 Matiq, dan Dina Yuha Yasfina kelas 11 Matiq.

KSM Kemenag
Pelaksanaan lomba KSM Kemenag

Hasil kompetisi telah diumumkan melalui laman web KSM Kemenag. Peserta dari MATQ Qoryatul Qur’an berhasil meraih beberapa prestasi, meskipun belum semua mendapatkan keberuntungan pada perlombaan kali ini.

Arga Gian Perdana
Arga Gian Perdana

Torehan prestasi itu diraih pada kategori individu yakni Arga Gian Perdana mendapat juara III KSM bidang studi Fisika Terintegrasi, Hanan Khoiruddin mendapat juara III KSM bidang studi Biologi Terintegrasi.

Hanan Khoiruddin
Hanan Khoiruddin

Kemudian kategori Regu Sosial Sains Terpadu berhasil duduk di peringkat juara II. Santri yang menjadi peserta adalah Fajar Fatimah, Dina Yuha Yasfina, dan Renata Anggraeny Dwi Nilawati.

Regu Sosial Sains Terpadu
Regu Sosial Sains Terpadu

Dengan mengikuti KSM, madrasah berharap agar prestasi dan pengalaman ini jadi motivasi bagi santri untuk lebih giat belajar dan memiliki semangat untuk berkompetisi bukan hanya di tingkat madrasah/pesantren tetapi juga di tingkat kabupaten bahkan provinsi.

Kemudian bagi para guru, adanya kegiatan kompetisi yang diinisiasi Kementerian Agama ini agar bisa membuat lebih semangat menyiapkan dan membimbing santri sehingga prestasi lebih meningkat lagi di tahun berikutnya.

Salah satu santri, Ihwah Istiqomah, peserta KSM Bidang Kimia mengaku senang karena dapat mengikuti KSM 2024 ini. “Walaupun belum mendapatkan juara dan belum lolos ke tingkat provinsi, tapi alhamdulillah saya mendapatkan pengalaman baru dan teman baru yang hebat dan berprestasi dari berbagai sekolah.”

Fajar Fatimah, peserta KSM Regu Sosial Sains, juga menyampaikan rasa syukurnya bisa mengikuti KSM dan tetap semangat untuk ilmu-ilmu yang sudah diajarkan. “Ini pengalaman saya dan teman-teman, banyak pelajaran yang kita dapatkan, dan menambah wawasan.”

Selamat untuk yang berhasil menorehkan prestasinya. Semoga pada KSM yang akan datang, atau pada lomba dan kompetisi lainnya, PPTQ Qoryatul Qur’an bisa terus maju mengikuti dan berhasil menoreh prestasi yang lebih baik. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Dewi Azzizah R

Posting Komentar untuk "Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten, MATQ Qoryatul Qur’an Raih Beberapa Prestasi"