Kegiatan MOS-QU Kenalkan Santri Baru 2024 dengan Lingkungan PPTQ Qoryatul Qur’an

PPTQ Qoryatul Qur’an menyambut tahun ajaran baru 2024/2025 dengan serangkaian kegiatan. Diawali dengan pelaksanaan Khutbah Taaruf dalam rangka menyambut masuknya para santri dan mahasantri baru pada hari Ahad, 7 Juli 2024 yang terpusat di komplek Asemlegi, Gabeng, Ngreco, Weru.

Hari berikutnya, santri dan mahasantri langsung mengikuti kegiatan MOS-QU, masa orientasi santri Qoryatul Qur’an dalam waktu sepekan. MOS-QU diikuti segenap peserta didik baru, baik dari unit MTs, MA, maupun Ma’had Aly di PPTQ Qoryatul Qur’an.

MOS
Pelaksanaan masa orientasi santri di Qoryatul Qur'an

Adapun pelaksanaan MOS-QU berlokasi di masing-masing komplek pesantren. Santri MTs dan MA putra di komplek Kauman Jatingarang, santri MTs putri di komplek Asemlegi Gabeng, dan santri MA putri di komplek Pucung Karangmojo.

Sementara untuk mahasantri baru Ma’had Aly Qoryatul Qur’an dilaksanakan di 2 komplek, yakni komplek Babadan Karangmojo dan komplek Jonggring Saloka Tegalrejo, Karanganyar. Selama  5 hari santri diberikan materi indoor, sisanya outdoor bersama Tim Leadership Qoryatul Qur’an.

MOS-QU putra
Suasana MOS-QU santri putra

Tema materi indoor yang telah dipersiapkan oleh panitia MOS-QU di antaranya adalah Pelurusan Niat, Simulasi Adab 5S, Simulasi Adab Muslim di Masjid, Profil Santri MTs/MA, Keuntungan Jadi Santri, Visi Misi Pesantren, Menentukan dan Membangun Orientasi Tujuan, Motivasi Thalabul Ilmi, Kemuslimahan, dan Mengenal Lebih Dekat Arah Perjuangan Pesantren.

MOS-QU
Suasana MOS-QU putri

Pematerinya adalah para asatiz yang kompeten di bidangnya, yakni Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc, M.H.I, Ustaz Faris Ahmad, Lc, Ustaz Bambang Wahyudi, SE, Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I, M.P.I, Ustaz Hartanto, S.Pd.I, Ustaz Agus Umar Ar-Rifai, dan Ustaz Muhammad Negus.

Kemudian juga ada Ustaz Abdul Mu'in, Ustaz Salman Al Farisi, Ustaz Sujud, dan Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I, Ustazah Niken Susilowati, Ustazah Ummi, Ustazah Amatulloh, Ustazah Winda, serta Ustazah Laela.

MOS-QU
Suasana MOS-QU mahasantri

Dengan terlaksananya kegiatan MOS-QU ini, harapannya tercapai tujuan dalam rangka memperkenalkan jati diri pesantren kepada para santri dan mahasantri baru. Kemudian menanamkan benih-benih nilai kepesantrenan pada mereka. Tak kalah penting, juga untuk menumbuhkan dan membangun mentalitas yang kuat untuk berthalabul ilmi di pesantren.

Posting Komentar untuk "Kegiatan MOS-QU Kenalkan Santri Baru 2024 dengan Lingkungan PPTQ Qoryatul Qur’an"