Ahad Produktif, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Krajan Isi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Hari Ahad bagi kebanyakan orang adalah hari libur dari segala aktivitas. Yang bekerja libur pada hari Ahad. Yang sekolah libur pada hari Ahad. Sebagian besar memanfaatkan liburan itu untuk bersantai atau menghabiskan waktu dengan tidur sepanjang hari.

Berbeda tentu saja dengan apa yang dilakukan para santri di PPTQ Qoryatul Qur’an terkhusus yang berasrama di komplek Jetis Krajan. Ahad, 28 Juli 2024 ini dimanfaatkan dengan bermacam kegiatan positif yang mereka sebut dengan Ahad Produktif.

Kegiatan yang diinisiasi oleh para ustazah komplek ini, diharapkan bisa memotivasi para santri agar lebih semangat dan mengisi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat. Tak main-main, kegiatan ini dimulai sejak pukul 04.00 WIB ketika kebanyakan orang masih asyik dengan mimpinya.

Acara diawali dengan bangun tahajud. Kebiasaan yang sudah menjadi tradisi di pesantren. Usai Salat Subuh, santri berjalan-jalan menyapa warga sekitar yang dijumpai di perjalanan. Dan kali ini, jalan-jalannya menuju ke Taman I Love GK, taman di perbatasan masuk ke Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Taman I Love GK
Santri komplek Jetis di Taman I Love GK

Seluruh santriwati kelas 3 Imtaq dan 3 Matiq jalan kaki ditemani segenap asatizah komplek Jetis. Sesampainya di Taman I Love GK digelar majelis taklim bersama Kepala Komplek Jetis Ustaz Imam Yoga. Beberapa poin penting beliau sampaikan.

Di antaranya adalah agar para santri tidak meremehkan dosa kecil, karena dosa kecil juga bagian dari dosa besar. Sekecil apa pun maksiat hendaklah ditinggalkan, dan sekecil apa pun amal saleh sebaiknya dimaksimalkan. Ini juga upaya kita untuk mempertahankan keimanan kita.

Ustaz Imam Yoga
Ustaz Imam Yoga memberikan nasihat

Menurut Ustaz Imam, pertumbuhan generasi muslim itu ketika ia semakin besar maka semakin dewasa. Mulailah jujur dengan diri, dan belajar percaya diri. Jangan mudah terpengaruh dengan pilihan orang lain. Ambil pilihan dan berani tanggung jawab.

Sekembali dari jalan-jalan, santri mengikuti sekolah kepengasuhan bersama Ustaz Sujud Eloy. Tepatnya pada pukul 10.00-11.00 WIB, bertempat di Masjid Al Hikmah Jetis Krajan. Ustaz Sujud menyampaikan tentang Konsep Sukses.

Ustaz Sujud
Majelis bersama Ustaz Sujud Eloy

Menurut penyampaian Ustaz Sujud, konsep sukses dalam Islam adalah ketika waktu yang dimiliki berlalu tanpa maksiat kepada Allah ﷻ. Selalu bisa memberi manfaat dan mengambil manfaat. Serta meniatkan diri untuk ikut kafilah yang dikobarkan Nabi Muhammad ﷺ.

Itulah Ahad Produktif spesial dari para santri PPTQ Qoryatul Qur’an yang berasrama di komplek Jetis Krajan. Semoga bisa menginspirasi untuk siapa saja yang ingin mengisi waktu dengan kebaikan. Semoga Allah ﷻ merahmati kita.

Kontributor: Ustazah Nafi Aritamala, Ustazah Ratri

3 komentar untuk "Ahad Produktif, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Krajan Isi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif"

  1. Wah masih menjadi PR banget nih mewujudkan konsep sukses sesuai yang disampaikan Ustaz Sujud. Memiliki waktu produktif tanpa maksiat kepada Allah, kelihatannya mudah ya. Tapi berat juga, apalagi kita yang masih sering khilaf. Huhuu. Semoga selalu istiqamah dalam berbuat kebajikan.

    BalasHapus
  2. Wah iya bener banget kadang sering sekali menyepelekan dosa kecil, karena merasa kecil jadi tidak apa-apa padahal dosa tetaplah dosa ya. Termasuk ibadah sekecil apapun juga padahal bagian dari pahala juga. Masya Allah sangat produktif sekali di hari libur tetap mendekatkan diri pada Allah.

    BalasHapus
  3. Kereen emang ya pesantren itu selalu ada kegiatan produktif dan positif di hari libur. Anak-anak gak dibiarkan terbwngkalai tidak beraktivitas. Meskipun sifatnya rekreasi tapi tetap selalu ada tujuan dan memiliki nilai-nilai positif dan bermakna.

    BalasHapus