3 Komponen Besar Penentu Suksesnya Pendidikan Anak

Oleh: Ustaz Sujud Eloy
Tim Kepengasuhan Pesantren
PPTQ Qoryatul Qur’an

Pendidikan memiliki peran yang krusial dalam memajukan peradaban manusia. Melalui proses pendidikan itulah bisa memastikan terjadinya transfer ilmu dari generasi sebelumnya ke generasi selanjutnya.

Melalui pendidikan, kita dapat meningkatkan pengetahuan, membangun nilai-nilai yang kuat, mengembangkan keterampilan yang relevan, dan menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan juga memiliki pengaruh yang besar dalam membangun peradaban Islam.

Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang ideal. Di mana pendidikan Islam tumbuh dan berkembang sejalan dengan dakwah Islam yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad ﷺ, yang langsung di bawah bimbingan Allah.

Terbukti, generasi para sahabat hasil didikan Rasulullah adalah generasi terbaik. Maka memotret kehidupan Rasulullah dan para sahabat merupakan keniscayaan, walaupun kita hidup jauh dari kehidupan masa terbaik tersebut.

Orang tua guru
Salah satu komponen penentu suksesnya pendidikan adalah orang tua yang percaya pada guru

Penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan teladan seorang guru. Keteladanan meliputi segala sesuatu yang terkait dengan perkataan, perbuatan, sikap, dan perilaku yang dapat ditiru atau diteladani oleh peserta didik.

Tersambungnya ilmu butuh jiwa-jiwa yang ikhlas menerima dan berjuang menerapkannya. Dukungan orang tua akan mengokohkan semangat anak sebagai peserta didik dalam menuntut ilmu.

Jalinan semangat, dukungan, dan keteladanan akan mengiringi berjalannya pendidikan meraih tujuan. Semua ini harus dilaksanakan dengan sinergi dari semua komponen yang terkait dalam pendidikan.

Bisa disimpulkan, suksesnya pendidikan harus didukung minimal 3 komponen besar, yakni: (1) Guru yang mumpuni dan ikhlas dalam mendidik, (2) Santri yang giat belajar dan taat pada guru, dan (3) Orang tua yang mendukung anak dan percaya pada guru.

Ketiga komponen tersebut harus selalu bermunajat kepada Allah dengan sungguh-sungguh, supaya dimudahkan dalam segala upayanya. Semoga Allah melimpahkan keberkahan dalam setiap amalnya.

Mari kita bersungguh-sungguh dalam peran kita masing-masing. Sebagai guru terus meningkatkan kompetensi dan selalu ikhlas semata karena Allah. Sebagai santri meniatkan belajar karena Allah. Sebagai orang tua mendukung proses belajar anak dalam bimbingan guru.

Semoga ikhtiar kita mendidik anak menjadi generasi terbaik pada masanya akan mendapat kemudahan dari Allah. Mengiringinya dengan doa kebaikan agar Allah karuniakan pribadi saleh pada mereka.

3 komentar untuk "3 Komponen Besar Penentu Suksesnya Pendidikan Anak"

  1. Benar sekali apa yang ditulis di artikel ini. Guru, santri dan orang tua adalah komponen penting dalam lingkungan pendidikan. Ketiganya saling membutuhkan satu sama lain.

    BalasHapus
  2. Barusan denger ceramah salah satu ustad bahwa jangan bangga dengan anak sholih, jika peran orang tua sedikit dalam pencapaian tersebut.

    Ini makin diingatkan lagi bahwa komponen mendidik anak menjadi generasi terbaik tentu saja salah satunya peran serta orang tua yang percaya pada guru. Terima kasih sudah membagikan tulisan ini Ustad.

    BalasHapus
  3. setuju bangeeet makanya ada istilah "it takes a villlage to raise a child" ngga bisa hanya orangtua aja, atau anaknya aja atau gurunya/sekolahnya aja, tapi butuh banyak pihak saling kolaborasi dan kerjasama

    BalasHapus