Berbagi Kebahagiaan Iduladha 1445 H, PPTQ Qoryatul Qur’an Tebar Kurban ke Desa Binaan Minim Kurban

Tahun ini, Iduladha 1445 H jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024. Pada hari yang penuh berkah ini, kaum muslimin diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban. Kurban bisa dengan unta, sapi atau lembu, maupun kambing atau domba.

Perintah Allah untuk menyembelih hewan kurban ini terdapat dalam Surat Al Kautsar ayat 2 yang artinya,  “Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” Merupakan bentuk syukur atas nikmat yang banyak.

Kurban juga merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Selain untuk dimakan sendiri, daging kurban juga dibagikan kepada yang orang lain, sehingga kita menghidupkan nilai-nilai solidaritas dan keadilan sosial.

PPTQ Qoryatul Qur’an memiliki program Tebar Hewan Kurban melalui koordinasi QQ Peduli. Memberi peluang bagi sahibul kurban yang ingin berbagi kebahagiaan Iduladha untuk daerah yang minim kurban.

Sejatinya, ibadah kurban mengajarkan kita untuk hidup senantiasa berbagi, memiliki kepekaan sosial kepada sesama. Pada dasarnya, ini adalah hakikat kehidupan manusia menurut Islam. Saling membantu, tolong-menolong, dan peduli kepada sesama.

Pada pelaksanaan tebar kurban, QQ Peduli mengalokasikan ternak amanah para pekurban selain untuk asatiz dan santri penghafal Al-Qur’an, juga untuk masyarakat di desa binaan pesantren, baik yang masuk ke daerah pedalaman maupun sekitar pondok yang minim kurban.

Tim QQ Peduli telah mendata lokasi yang minim bahkan tidak ada penyembelihan kurban. Tim kemudian melakukan survey lapangan memastikan bagaimana kondisi sebenarnya. Dari sekian jumlah data yang masuk, ada beberapa yang memang layak mendapat alokasi hewan kurban dari PPTQ Qoryatul Qur’an.

Pesantren kemudian berbagi tugas, ada tim yang melaksanakan penyembelihan kurban di pondok, dan dibentuklah tim kecil untuk mengirimkan kurban ke desa binaan. Tim kecil ini dipimpin oleh Ustaz Salman Al Farisi Al Hafizh, koordinator Dai-Qu yang terbiasa berdakwah ke masyarakat umum.

Ustaz Salman ditemani Ustaz Aldi Ahmad dan 2 mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an yakni Risky dan Ridho. Mereka bertugas menyalurkan ternak kurban ke 3 lokasi, yakni Margomulyo Jatingarang, Samin Sanggang, dan Kamal Bulu.

Tim berangkat menggunakan armada mobil pick up orange milik pesantren dengan mahasantri Risky bertindak sebagai driver. Membawa 6 ekor kambing untuk disembelih di ketiga lokasi yang disebutkan di atas, masing-masing 2 ekor.

Tebar kurban QQ Peduli
Tebar kurban untuk masyarakat Margomulyo Jatingarang

Lokasi pertama yang didatangi adalah Dukuh Margomulyo Desa Jatingarang Kecamatan Weru. Tim sudah berkoordinasi dengan pihak warga sehingga mereka sudah bersiap menyambut. Dua ekor kambing pun diturunkan.

Ustaz Salman menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan untuk berbagi kurban ke masyarakat Margomulyo. Warga menyambut dengan senang hati. Selanjutnya, kedua ekor kambing kurban disembelih oleh Ustaz Salman dan diserahkan pada warga untuk proses pembagian dagingnya.

Setelah selesai penyembelihan di Margomulyo, tim lekas berpamitan melanjutkan tugas ke lokasi kedua, yakni di Dukuh Samin Desa Sanggang Kecamatan Bulu. Di Samin ini juga diserahkan 2 ekor kambing kurban.

Tebar kurban QQ Peduli
Tebar kurban untuk masyarakat Dukuh Samin, Sanggang, Bulu

Seperti yang dilaksanakan di Margomulyo, kedua kambing kurban disembelihkan oleh Ustaz Salman. Setelah itu, kedua ternak kurban diserahkan kepada masyarakat Samin agar bisa dibagikan dan tim pun berpamitan.

Tebar kurban QQ Peduli
Tebar kurban untuk masyarakat Dukuh Kamal Bulu

Lokasi ketiga adalah Dukuh Kamal, Desa Kamal, Kecamatan Bulu. Ustaz Salman kembali menyembelihkan 2 ekor kambing kurban untuk masyarakat Kamal. Dengan demikian, selesailah tugas tim pada hari ini.

Semoga Allah memberkahi kegiatan ini. Menerima kurban dari sahibul kurban. Memberi kebahagiaan kepada masyarakat yang menerima pembagian kurban. Juga keberkahan untuk keluarga besar PPTQ Qoryatul Qur’an.

Kontributor: Ustaz Aldi Ahmad

Posting Komentar untuk "Berbagi Kebahagiaan Iduladha 1445 H, PPTQ Qoryatul Qur’an Tebar Kurban ke Desa Binaan Minim Kurban"