Pelepasan Santri Maqra, Pelepasan Mahasantri Wiyata Bhakti, dan Peresmian Masjid Nurul Ilmi PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jonggring Saloka

Sabtu, 29 Juni 2024. PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar acara pelepasan kelulusan para santriwati unit Maqra, bersamaan dengan pelepasan para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an yang akan bertugas wiyata bhakti (WB).

Selain itu, pada kesempatan acara yang dilaksanakan bakda Salat Asar ini juga akan dilanjutkan dengan persemian masjid di komplek Jonggring Saloka yang telah selesai pembangunannya dan diberi nama Masjid Nurul Ilmi.

Acara sore ini dihadiri segenap pengurus yayasan, jajaran direktorat, para tokoh masyarakat termasuk kepala desa hingga ketua RT dan RW, para asatiz, dan santri-mahasantri yang akan pelepasan.

Istimewa juga dengan kehadiran Ustaz Ihsan Saifuddin, S.Ag yang berkenan membersamai acara ini. Kemudian Bapak H. Arief Tri Bawanto, teman SMA Ustaz Setyadi Prihatno yang saat ini menjabat sebagai komandan Lanud Iswahjudi Magetan bagian logistik, sekaligus yang mendanai pembangunan Masjid Nurul Ilmi.

Acara pelepasan santri unit Maqra dan pelepasan mahasantri wiyata bhakti yang mengambil tema “Besar di Dunia, Terkenal di Langit” ini dilaksanakan di Masjid Nurul Ilmi Tegalrejo, Karanganyar, Weru atau di komplek Jonggring Saloka.

Pelepasan wiyata bhakti
Pelepasan mahasantri wiyata bhakti

Acara berlangsung dengan khidmat. Pembacaan peserta pelepasan santri Maqra oleh Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I. Begitu juga pembacaan SK penempatan mahasantri wiyata bhakti. Pengenalan program unit pendidikan yang ada di komplek Jonggring Saloka oleh Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I.

Direktur QQ
Pak Direktur kenalkan program Ta'jil

Direktur Umum mengenalkan program baru Ta'jil. Jika standar kelulusan Qoryatul Qur’an menjadikan para alumninya menjadi dai yang siap guna, siap terjun di tengah-tengah masyarakat, maka program Ta'jil ini menjadi program penyiapan kader ulama. Kemampuannya jauh melampaui standar umum output Qoryatul Qur’an.

Tausiah pelepasan santri oleh Ustaz Ihsan Saifuddin, S.Ag, yang menjelaskan kandungan Surat Al Baqarah ayat 130. “Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

Ustaz Ihsan Saifuddin
Tausiah pelepasan oleh Ustaz Ihsan

Kepala Desa Karanganyar Bapak Sugiarto dalam sambutan, mengapresiasi atas semua kegiatan PPTQ Qoryatul Qur’an khususnya yang ada di Desa Karanganyar. Menurut beliau, sejak adanya Qoryatul Qur’an, masjid dan musala di Desa Karanganyar menjadi makmur, kegiatan keagamaan dan sosial menjadi hidup.

Kepala Desa
Sambutan Bapak Kepala Desa Karanganyar

Orang nomor satu di Desa Karanganyar ini menitipkan harapan agar ada anak dan pemuda di Desa Karanganyar ini yang melanjutkan belajar dan ikut merasakan pendidikan di Qoryatul Qur’an.

Pak Wiyana
Sambutan Pak H. Wiyana

Selanjutnya Ketua Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman Bapak H. Wiyana menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan para tamu undangan. Juga permohonan maaf atas segala keterbatasan panitia dalam penyambutan.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan perkembangan PPTQ Qoryatul Qur’an yang sudah tersebar di berbagai wilayah di Kecamatan Weru. Dengan ini, harapannya kebaikan dan keberkahan Al-Qur’an bisa melimpah untuk kita semua.

Pak Arief Tri Bawanto
Sambutan Pak Arief Tri Bawanto

Sambutan dan prakata dari donatur utama pembangunan Masjid Nurul Ilmi komplek Jonggring Saloka yakni Bapak H. Arief Tri Bawanto. Kemudian dilanjutkan pelaksanaan Salat Magrib berjemaah di masjid ini.

Salat Magrib
Salat Magrib di Masjid Nurul Ilmi Jonggring Saloka

Setelah salat yang diimami Ustaz Luthfi Zubaidi usai, barulah dilaksanakan acara inti seremonial potong pita sebagai tanda dibukanya Masjid Nurul Ilmi Jonggring Saloka secara resmi untuk kegiatan ibadah dan kegiatan keumatan lainnya.

Potong pita
Pemotongan pita tanda peresmian Masjid Nurul Ilmi dibuka

Pemotongan pita secara simbolis oleh Ketua Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman Bapak H. Wiyana didampingi Ustaz Ihsan Saifuddin, Pak Arief Tri Bawanto, Ustaz Didik Efendi, dan Pak Sriono.

Komplek JS
Komplek JS dan Masjid Nurul Ilmi

Demikian rangkaian acara pelepasan santri Maqra, pelepasan mahasantri wiyata bhakti, dan peresmian Masjid Nurul Ilmi PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jonggring Saloka ini. Semoga Allah meridai setiap langkah kita.

Kontributor: Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I

Posting Komentar untuk "Pelepasan Santri Maqra, Pelepasan Mahasantri Wiyata Bhakti, dan Peresmian Masjid Nurul Ilmi PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jonggring Saloka"