Pengambilan Rapor MITQ Qoryatul Qur’an dan Sosialisasi Kegiatan Liburan

Tahun pelajaran 2023/2024 berakhir sudah, kini tibalah waktunya menerima hasil belajar selama setahun. Tak lama lagi kenaikan kelas ke tingkat di atasnya. Termasuk para santri MITQ Qoryatul Qur’an.

Hari ini, Jumat, 21 Juni 2024, bertempat di Gedung MITQ Qoryatul Qur’an di komplek Asemlegi Gabeng, dilaksanakan kegiatan pengambilan rapor hasil belajar santri oleh wali masing-masing.

Pengambilan rapor
Pengambilan rapor MITQ QQ

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai 10.30 WIB ini dipandu oleh Ustaz Surya Adi Prasetyo selaku MC. Dihadiri segenap asatiz MITQ Qoryatul Qur’an, seluruh santri, dan orang tua atau wali santri.

Kepala Madrasah Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I pada sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para wali santri yang telah memenuhi undangan dari MITQ Qoryatul Qur’an dalam acara pengambilan rapor ini.

Ustaz Agus Tansyah juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan Madrasah dalam memberikan pelayanan dan penyambutan para wali yang berkenan hadir pada pagi hari berbahagia ini.

Ada yang beda pada pembagian rapor tahun ini jika dibandingkan dengan pembagian rapor tahun-tahun sebelumnya. Pembagian hasil belajar dan kenaikan kelas tahun ini diawali dengan pemberian hadiah apresiasi untuk para santri yang berprestasi.

Apresiasi
Apresiasi kepada santri

Di antara apresiasi dari Madrasah diberikan kepada peraih Santri Teladan Adab dan Teladan Tahfizh. Kemudian santri berprestasi bidang akademik dan apresiasi pemenang lomba outing class

Ustaz Agus Tansyah kemudian menyampaikan bahwa setelah pengambilan rapor, santri masuk masa liburan sekolah. Untuk itu, pendidikan dan pendampingan anak diserahkan kembali kepada wali santri, agar bisa mengawasi selama berada di rumah.

Setelah acara usai, pembagian rapor dilaksanakan di ruang kelas dan gazebo menyesuaikan kelas masing-masing, bersama para wali kelas. Kegiatan pengambilan hasil belajar santri ini pin berlangsung dengan lancar dan tertib.

Pembagian rapor
Pembagian rapor oleh wali kelas

Segenap asatiz yang diamanahi menjadi wali di masing-masing kelas, meminta maaf yang sebesar-besarnya jika selama 1 tahun ajaran ini belum maksimal dalam membimbing anak-anak. Harapannya, semoga para santri di kelas lanjutan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Imbauan kepada wali santri agar tidak mengukur kemampuan anak dari angka-angka yang ada di selebaran kertas rapor. Anak-anak sudah berusaha keras untuk mengerjakan soal-soal. Ketika berhasil mendapat peringkat, maka itu bonus rezeki.

Namun, seandainya anak-anak belum berhasil meraih peringkat, maka wali santri tak perlu berkecil hati. Sebagai tolok ukur, wali bisa melihat anak-anak yang sudah bisa salat dan bisa mendoakan kedua orang tua. Sesungguhnya, itulah investasi bagi orang tua. Bukan sekadar nilai dan angka di atas kertas.

Demikianlah kegiatan pembagian rapor di MITQ Qoryatul Qur’an. Apapun hasil yang didapat, mari kita doakan anak-anak didik agar bisa menjadi anak-anak yang saleh dan salihah. Menjadi pahala jariah bagi kedua orang tua.

Kontributor: Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I

Posting Komentar untuk "Pengambilan Rapor MITQ Qoryatul Qur’an dan Sosialisasi Kegiatan Liburan"